23 Mar 2013

Petunjuk Sholat menurut AlQuran 1

" Petunjuk Sholat menurut AlQuran"

Unt memahami petunjuk AlQuran dan petunjuk sholat menurut AlQuran perlu sabar (teguh) tidak mudah unt keluar dari AlQuran krn sebenarnya ketika setiap kali kita berucap surat pembuka alfatiha ayat 1 sd 7 sebetulnya kita telah mengakui Tuhan yg Maha Pemurah, Maha Penyayang, 1:1, kita telah Memuji Tuhan 1:2, kita telah Mengakui bhw Dia Penguasa hari al Diini 1:4 (hari putusan aturan/hari akhir ) , dan kita telah berjanji hanya kpd Allah kita mengabdi/menghamba, 1:5 dan telah meminta unt ditunjuki jalan yg lurus 1:6, jalan orang2 yg mendapat nikmat, bukan yg dimurkai dan bukan yg tersesat 1:7.

Sedangkan Allah memberitakan dlm AlQuran bahwa petunjuk jln yg lurus yg kita minta setiap hari tsb 1:6 sdh diberikan kepercayaan yaitu AlQuran 17:9. Amanat AlQuran diberikan kpd manusia bagi semesta alam 81:27


Apakah wajar kita selalu berucap setiap hari hanya kepada Engkau minta ditunjuki jalan yg lurus, dan sudah diberi 114 surat sbg petunjuk yg lurus, tetapi setiap hari pula kita tdk meneguhkan janji/mengkhianati dg petunjuk yg lain , membiarkan 114 surat petunjuk yg lurus tsb, dan tidak untuk memahaminya 7:179, dg berserah diri, dg iman, dg taat, dg sabar, dg benar, dg rendah hati, dg bersedekah (memebri kebenaran), dg syiam (keluar dari kesulitan/kegelisahan), dg menjaga kehormatan, dg selalu mengingatNya (AlQuran) seperti tsb dlm 33:35. Jika ampunan dan pahala dijanjikan kpd orang2 spti tsb dlm 33:35, apakah kita akan mendapat ampunan dan pahala, ketika AlQuran tdk dipahami unt memahami 33:35 tsb ?

Jika karunia yg banyak dan rahmat yg besar itu ada dlm AlQuran 2:269, 29:51 apakah dg tdk memahami AlQuran kita akan tahu apakah yg dimaksud rahmat dan karunia dan tahu bagaimana petunjuk mendapatkan karunia dan rahmat?

Jika yg benar dan bertakwa bukanlah yg hadap arah barat atau timur (yg ber-ritual) tetapi yg beriman, beramal soleh; yg sabar dlm kesulitan, kesengsaraan dan yg berjuang mengikuti jln Allah dan memegang janji dg alfatiha unt petunjuk AlQuran . 2:177, 1:1-7, 17:9, apakah kita telah benar dan bertakwa ketika kita tdk paham AlQuran 2:177.

Jika iman bertumbuh karena memahami petunjuk cahaya AlQuran 42:52, 8:2, apakah kita mengatakan beriman ketika AlQuran tidak kita pahami?

Ketika AlQuran mengajarkan hal2 yg mencegah perbuatan keji, dan mungkar : zalim, fasik, dusta, munafik, musrik, dosa, kafir, apakah kita memahaminya semua yg dilarang tsb ketika AlQuran tdk dipahami. 29:45

Ketika beriman, beramal soleh, dirikan sholat dan tunaikan zakat akan mendapat pahala, tdk kuatir dan tdk bersedih 2:277, apakah jika kita tdk paham AlQuran apakah yg dimaksud yg 4 tsb di 2:277 diatas, kita akan mendapat pahala, bersenang hati dan tdk kawatir?

Bagaimana bisa terjadi kemudian manusia tidak memahami AlQuran dan hanya mengulang2 janji dg berucap surat pembuka (alfatiha), dan setiap hari pula mereka tdk memegang janjinya/mengkhianatinya?

Mereka meninggalkan/gelap kpd 114 surat petunjuk yg lurus dan mengikuti petunjuk yg lain yg mengajarkan bhw cukup dg mengulang2 surat pembuka, dg gerakan2 tertentu menghadap barat atau timur sesuai arah lokasi sebuah batu yg dipercaya sbg batu suci, sebagai ajaran sholat menurut petunjuk kitab2 selain AlQuran, tanpa sadar manusia hanya berjanji dan terus meminta ditunjuki yg lurus tetapi setiap hari juga mereka tdk memegang janjinya dan mengikuti petunjuk selain dari Tuhan (selain AlQuran), mengikuti petunjuk palsu yg menipunya, 6:112, menipunya bhw itu petunjuk dari nabi sbg pembawa amanat dari Tuhan, sebenarnya mereka mendustakan AlQuran

adalah AlQuran tetapi mereka mendustakan perkataan nabi dg berita2 selain AlQuran. 25:29, 26:6, 53:1-12.

Berita2 diluar AlQuran yg menceritakan katanya perkataan nabi, disisi Allah adalah dari pendusta menurut 24:13 krn ketika disiarkan tidak pernah menghadirkan 4 saksi, ayat tsb menjaga kemurnian AlQuran dari berita2 wahyu bohong perkataan nabi diluar AlQuran.

Perbuatan mengkianati amanat tsb, Allah menyebutnya manusia sbg mahluk yg bodoh dan zalim, 33:72, manusia seharusnya dimuka bumi mengemban perintah2Nya AlQuran, dan setiap hari manusia selalu meminta ditunjuki jalan yg lurus dan berjanji unt memintanya hanya dari Tuhan, tetapi setiap hari itu juga amanat/kepercayaan itu dikhianatinya. Manusia bodoh dan zalim 33:72.

Maka mari kita perhatikan ayat berikut

29:45 bacalah apa yang diwahyukan (berita Tuhan) kepadamu dari Al-Kitab dan dirikanlah shalat sesungguhnya shalat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar dan sungguh mengingat Allah lebih besar dan Allah Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Bacalah kitab dan sesuatu kitab pelajaran yg dibaca akan memberi ajaran yg diingat didalam hati 7:179, ajaran itu memberi petunjuk jalan bagi manusia unt berbuat dimuka bumi unt dirinya sendiri, untuk orang2 terdekat, untuk semesta alam 81:25-29.

Petunjuk perintah mencegah perbuatan keji dan mungkar, petunjuk yg mencegah keji dan mungkar adalah AlQuran. 7:157,

Sehingga perintah dirikan sholat sebenarnya adalah dirikan atas apa yang dibaca yaitu AlQuran dlm hati unt diingat. Sehingga bertambah pemahamannya dan semakin beriman/percaya krn memahaminya 8:2, 42:52 dan didirikan dlm hati diingat sbg janji yg kuat unt diamalkan sbg amal soleh/berbuat kebaikan. Shg Allah menjanjikan bhw yg beriman dan beramal soleh akan diberi surga 2:82.

Beriman dan beramal soleh adalah berproses dari awalnya gelap, kemudian iman yg sedikit hingga menjadi iman yg tinggi karena selalu dirikan sholat (AlQuran) dg membacanya menjadi pemahaman dlm hati, semakin paham semakin iman. Dirikan sholat (pemahaman AlQuran dlm hati), tunaikan zakat ( dg murni ) tidak ditambah2 (riba). 33:39

Sehingga 2:277 Allah menjanjikan pahala, tidak kawatir, dan tidak bersedih bagi yg - beriman - beramal soleh Dan menumbuhkannya dg - dirikan sholat (AlQuran) - tunaikan zakat (dg murni)

Perhatikan ayat berikut

11:87 mereka berkata hai Syu'aib apakah sholatmu menyuruh kamu agar kami meninggalkan penghambaan bapak-bapak kami, atau agar berbuat pada harta kami apa yang kami kehendaki, sesungguhnya kamu sungguh penyantun cerdik.

Jika memperhatikan 11:87, disebutkan ..apakah sholatmu menyuruh.... atau berbuat. .... ? Tentu yg dimaksud sholat adalah suatu aturan yaitu AlQuran yg menyuruh dan berbuat.

Perhatikan ayat ini

9:103 ambillah dari harta (kekayaan) mereka sedekah, kamu membersihkan mereka, dan kamu memurnikan mereka dengannya, dan sholatkanlah atas mereka sesungguhnya sholatmu tempat ketentraman bagi mereka dan Allah Maha Mendengar Maha Mengetahui

Istilah kekayaan/harta bukanlah harta dunia 18:46, 34:37 tetapi harta yg mendekaatkan diri kpd Allah adalah beriman dan beramal soleh sbg kekayaan yg abadi dan kekal disurga,

18:46 Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia. Dan yang abadi yang saleh pahala lebih baik di sisi Tuhanmu dan lebih baik harapan.

34:37 Dan sekali-kali bukanlah harta dan bukan (pula) anak-anak kamu yang mendekatkan kamu kepada Kami sedikitpun; tetapi orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka itulah yang memperoleh balasan yang berlipat ganda (kaya harta abadi) disebabkan apa yang telah mereka kerjakan; dan mereka aman di tempat-tempat yang tinggi (mulia).

Maka ketika kita mengambil sedekah kekayaan abadi (pemahan AlQuran) orang yg bersedekah kekayaan dan mengetahui bhw kekayaan mereka belum bersih belum murni masih ada riba atau pemahaman yg belum benar maka kewajiban kita unt memurnikan pemahamannya dg mensholatkannya (memahamkan menurut AlQuran dg murni dlm hatinya), krn dg memahamkan secara murni AlQuran (sholatmu) akan memberi ketentraman bagi mereka.

Bacalah Dirikan sholat (memahami AlQuran dlm Qolbu) dilakukan ketika sesuatu pemahaman masih gelap belum paham seperti malam (tidak paham, setengah paham, 1/3, 2/3 paham/gelap) atau mendekati terang (diantara gelap dan terang/samar2) seperti cahaya diwaktu kedua ujung siang. Manusia tdk tahu ukuran2 pemahaman tsb Allah yg tahu. Ketika menghadapi masalah kehidupan agar mendapat pemahaman/petunjuk atas masalah yg dihadapi. Memahami AlQuran dimalam hari lebih khusyu karena siang hari bekerja banyak urusan. Ayat2 menjelaskan 73:1-20.

17:78 Dirikanlah salat (AlQuran) dari tergelincir matahari sampai gelap malam (dari sedikit paham hingga tdk paham/gelap) dan bacaan fajar ( paham) sesungguhnya bacaan fajar (ketika memahami AlQuran) adalah disaksikan.

11:114 dan dirikanlah sholat (AlQuran) pada kedua tepi siang (agak terang/agak gelap/ agak paham) dan sebagian dari malam (tdk paham) sesungguhnya perbuatan baik menghapuskan perbuatan buruk demikian itu peringatan bagi orang-orang yang mau ingat.

AlQuran cahaya yg menerangi kegelapan 42:52, 5:16

5:16 Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.

24:40 Atau seperti gelap gulita di lautan yang dalam, yang diliputi oleh ombak, yang di atasnya ombak (pula), di atasnya (lagi) awan; gelap gulita yang tindih-bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya, tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barangsiapa yang tiada diberi cahaya (petunjuk AlQuran) oleh Allah tiadalah dia mempunyai cahaya sedikitpun.

24:35 Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang yang bercahaya (seperti lampu bolam), yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Jika dirikan sholat tunaikan zakat adalah dirikan AlQuran dlm hati dan tunaikan dg murni tanpa riba, maka jika setiap hari kita hadap batu dan bergerak2 menyembah dg bacaan arab surat pembuka dan surat pendek berulang2, apakah AlQuran itu bisa menjadi cahaya kegelapan hatimu?

Aku setiap hari memujiMu, aku Berjanji kepadaMu, aku meminta petunjukMu, dan Engkau telah memberi amanat dg petunjuk yg lurus AlQuran itu, kepercayaan itu telah Engkau berikan tetapi aku selalu mengkhianatiMu, aku tidak mengikuti petunjuk pemberianMu tetapi aku mengikuti petunjuk yg lain. Aku tidak mau memahamiMu. Aku tidak mau memahami ayat2Mu. Aku tetap akan berjanji, memintamu dan mengkhianatiMu. Begitulah aku manusia yg bodoh dan zalim 33:72

33:72 Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh,

3:101 Bagaimanakah kamu menjadi kafir, padahal ayat-ayat Allah dibacakan kepada kamu, dan Rasul-Nya pun (AlQuran) berada di tengah-tengah kamu? Barangsiapa yang berpegang teguh kepada Allah (dan rasulNya AlQuran) maka sesungguhnya ia telah diberi petunjuk kepada jalan yang lurus.

17:9 Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu'min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar,

Aku mengakuiMu dan aku memujiMu 1:1-4

Aku berjanji 1:5 Hanya Engkaulah kami mengabdi/menghamba, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.

Aku memohon 1:6 Tunjukilah kami jalan yang lurus, 1:7 jalan orang-orang diberi nikmat bukan orang yang dimurkai dan bukan orang-orang yang sesat

AlQuran adalah ucapan utusan (rasulullah) satu yg ditaati dan dipercaya, yang mulia, yang memiliki kekuatan, yang memikiki kedudukan yang mulia


81:19  sesungguhnya ini benar-benar ucapan  utusan (rasul) yang mulia

81:20  yang memiliki kekuatan,  disamping memiliki  kedudukan aman

81:21 satu yang ditaati dan dipercaya
Yg mulia, yg memiliki kekuatan, yg memiliki kedudukan (arsy) aman, yg ditaati, yg dipercayai adalah bukan manusia tetapi adalah AlQuran sbg ucapan utusan, ruh dariNya.

Ketika ucapan rasul AlQuran itu diucapkan ditengah2 kita sebenarnya rasul itu ada ditengah kita 3:101, bahkan rasul itu ada pada dirimu sendiri, ketika AlQuran itu ada didalam dadamu menerangi mengilhami anfusikum (nafsinmu sendiri). Manusia membawa amanat rasul AlQuran unt didirikan dlm qolbumu mengilhami anfusikum (nafsin) dirimu/jiwamu sendiri.

9:128 Sungguh telah datang kepadamu Rasul (AlQuran) dari dirimu sendiri (anfusikum), (memberi) kekuatan kepadanya untuk kesulitanmu, kuatir untukmu, untuk yang beriman (berbuat) kebaikan, belas kasih.




5:67 Hai Rasul, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. Dan jika tidak kamu kerjakan  kamu tidak menyampaikan amanat-Nya. Allah memelihara kamu dari manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.


Ayat 5:67 menjelaskan bhw rasul menyampaikan AlQuran, jika tidak dikerjakan maka tidak disampaikan risalahNya. Sehingga rasul adalah risalahNya yaitu AlQuran ketika AlQuran itu disampaikan dg mengucapkannya.

Maka semesta alam akan memiliki kekuatan, kedudukan yg aman, mulia, karena diri manusia (nafsin) tunduk patuh pada rasul2 ruh dariNya yg di dada, berbuat kebaikan dan belas kasih.

Jika umat manusia mendustakanNya, maka semesta alam akan hancur manusia binasa,

Sbg sunnah (cara) Allah memperbaiki kerusakan bumi, yg tetap berlaku tdk pernah berubah. 3:137, 33:62.

Demikian berita dari AlQuran, bukan dari hawa nafsu, bukan dari dengki, bukan dari golongan/kelompok aliran.

39:18 yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik di antaranya. Mereka itulah orang-orang yang telah diberi Allah petunjuk dan mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal.

18:24 kecuali : "Insya Allah". Dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah: "Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini"


selamat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar