24 Agu 2011

Kenapa bersaksi dengan 2 kalimah syahadat

Kenapa berskasi dengan 2 kalimah syahadat



QS 7:172

Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengata-kan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",


Syahadat berasal dari bahasa Arab (الشهادة aš-šahādah) (dari kata kerja شهد šahida , "ia menyaksikan") yang berarti pengakuan atau persaksian.

Selama ini kita memahami bahwa rukun Islam yang pertama adalah mengucapkan pengakuan /persaksian 2 kalimah syahadat





1. asyhadu an-laa ilaaha illallaah (Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah)

2. wa asyhadu anna muhammadan rasuulullaah (dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasul / utusan Allah)



21 Agu 2011

Kenapa selalu menyebut aamiin/amin ?

Kenapa selalu menyebut aamiin/amin ?

“Aamiin” , amin, ucapan kata yang sangat  tidak asing dan cukup penting  bagi orang muslim. Diucapkan setiap akhir  berdoa karena sdh menjadi pemahaman umum “aamiin” memiliki makna “kabulkanlah permohonan kami”, dan kata tsb diucapkan juga setiap akhir bacaan Alfatihah pada saat shalat. Ucapan aamiin ini jika dimasjid ducapkan dengan keras bersamaan setelah imam mengucapkannya dalam shalat berjamaah dan shalat jum’at,   menggemakan seluruh ruang  masjid. Kata ini setiap hari minimal 5 waktu shalat selalu kita serukan, secara sendiri  atau berjamaah.
Seperti diketahui bahwa ketentuan hukum agama Islam ke dua setelah Quran bagi kaum sunni seluruh dunia (pengikut kitab2 hadits sunnah rasul, termasuk sebagian besar dari  Indonesia) adalah kitab2 hadits.

15 Agu 2011

Penghapus Dosa bagi yg sudah meninggal ?

Salaamun 'alaikum (6:54)

Juli 2011 mengikuti kotbah shalat jumat,  disebuah Masjid di Jakarta,  khotib  menyampaikan tentang bulan syaaban, dan  mengutip  dari hadist, salah satunya menyampaikan bahwa jika  pelepah kurma ditanam di dekat kuburan, maka dosa orang yg dikubur dekat pelepah tsb akan diampuni. Hal ini mnrt khotib juga sesuai dgn  AlQuran yg menyebutkan bahwa semua di langit dan dibumi dan isinya semua   bertasbih.  Itu sebabnya mnrt hadist pelepah kurma itu bisa menghapus dosa krn bertasbih....begitu benurut khotib.

Apa yg disampaikan khotib tsb, mendorong kita unt kita kaji berdasarkan petunjukNya yang tertulis dalam AlQuran saja.

12 Agu 2011

Bedah Satu Buku Sepanjang Hidup

Salaamun 'alaikum

Bedah buku marketing, buku bisnis, mungkin  sdh sering....kadang terkagum kehebatan isi bukunya,  bagi yg pernah bikin buku.......lumayan tdk mudah  ya ternyata bikin buku.... :)

Kenapa  kita jarang  bedah buku yang satu ini, sebuah buku  PENJELASAN yg SEMPURNA bagi  manusia, yg keasliannya dipelihara oleh PENCIPTANYA  sejak Dia terbitkan  1400 tahun lalu sampai sekarang dan sampai akhir jaman,    induk dari induk  buku, yg diciptakan oleh SANG MAHA PENCIPTA, yaitu Al Qur'an.

Selalu Berbuat Kebaikan

SELALU BERBUAT KEBAIKAN 

1. Segala sesuatu diniatkan  atas Nama Allah Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang

Setiap langkah penglihatan, pendengaran dan hati/jiwa kita di dunia, agar tidak lengah (seperti yang diharapkan Allah  ketika jiwa kita disyahadatkan Allah ketika belum lahir), maka segala langkah haruslah selalu ingat bahwa yang kita lakukan adalah atas nama Allah, atas nama semua penjelasan, atas nama  perintah dan laranganNya.