15 Agu 2011

Penghapus Dosa bagi yg sudah meninggal ?

Salaamun 'alaikum (6:54)

Juli 2011 mengikuti kotbah shalat jumat,  disebuah Masjid di Jakarta,  khotib  menyampaikan tentang bulan syaaban, dan  mengutip  dari hadist, salah satunya menyampaikan bahwa jika  pelepah kurma ditanam di dekat kuburan, maka dosa orang yg dikubur dekat pelepah tsb akan diampuni. Hal ini mnrt khotib juga sesuai dgn  AlQuran yg menyebutkan bahwa semua di langit dan dibumi dan isinya semua   bertasbih.  Itu sebabnya mnrt hadist pelepah kurma itu bisa menghapus dosa krn bertasbih....begitu benurut khotib.

Apa yg disampaikan khotib tsb, mendorong kita unt kita kaji berdasarkan petunjukNya yang tertulis dalam AlQuran saja.

Bagaimana hubungan pelepah kurma bisa menghapus dosa orang yg sdh meninggal....? Apakah ketetapan ini benar2 dari Allah ? Bukankah  ketetapan Allah hanya Dia sampaikan melalui AlQuran ?

Bukankah sebuah ketetapan tentang ampunan dosa tentu datangnya  dari Allah, tdk mungkin dari manusia ?.

Apakah ada ketentuan Allah diluar AlQuran yg menjadi ketentuan manusia  ?  Apa jadinya jika keyakinan ketentuan tsb  ternyata terkaan orang2 jaman dahulu   dan dijadikan oleh manusia sebagai ketentuan tambahan diluar AlQuran ?

Ketentuan2 yang disusun oleh orang2 bersumber dari  kehidupan dan ucapan Nabi Muhammad yang disusun  200 tahun setelah Nabi Muhammad wafat, bagaimana menjamin kebenaran riwayat2 dan ucapan nabi yg baru dibuat oleh orang2 biasa  (bukan nabi bukan rasul) setelah 200 tahun ?.
Jika ucapan2 dan kehidupan  nabi Muhammad dikehendaki  Allah sebagai ketentuan2 universal yg akan menjadi ketentuan  sepanjang masa semua umat, pasti akan tersusun rapi seperti AlQuran dan  hanya akan ada 1 kitab hadist nabi Muhammad, kenyataan bahwa kitab2 tersebut ada beberapa, dan tidak mudah  menjamin  apakah kitab2 tsb benar sebagai ucapan nabi.

Nabi sendiri diancam Allah jika mengada2 perkataan diluar ketentuanNya, tangan kanannya dipegangNya (supaya tdk bisa  menulis diluar ketentuanNya) dan  urat tali jantungnya dipotong (diwafatkan seketika).

Apakah kita akan Iman kepada ketentuan yg dibuat oleh manusia  diluar AlQuran?. Yang ditulis 200 tahun setelah nabi Muhammad wafat melalui kata2 ucapan dari kata orang kemudian dituliskan sebagai ketentuan tambahan tertulis dari AlQuran.

Keputusan ada dimasing2 kita apakah kita akan meng Imani tulisan2 orang2  tsb sebagai ketentuan Islam ?. Ataukah kita mengimani hanya kata2 Allah

Berbeda dengan AlQuran, yg  kita yakini dan tersebut   bahwa ayat2 AlQuran diturunkan dg ilmu Allah (bukan ilmu manusia yg penuh dg keterbatasan pikiran dan perasaan, apalagi saat itu belum ada teknologi alat rekam/video, yg bisa menyimpan dan mengutip ucapan seseorang) sebagai kitab berisi kebenaran yg tdk berubah2  berlaku sepanjang masa.

Apakah ketentuan tambahan yg tdk sesuai dg kebenaran AlQuran  tsb diperkenankan oleh Allah ?   Kenyataan bahwa sekarang ini  banyak ketentuan diluar AlQuran dianut sebagai pemahaman  Islam.

Berkaitan dengan ketentuan yang disampaikan khotib  tsb diatas,  Siapa sebenarnya penolong manusia yg bisa menghapuskan dosa manusia,  dan kemudian menggolongkan manusia menjadi manusia yg mulia dan menempatkan manusia tsb pada tempat yg mulia surga yg kekal ? Hanya Allah saja.

Salaamun 'alaikum

Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang

2:123
Dan takutlah kamu kepada suatu hari di waktu seseorang tidak dapat menggantikan seseorang lain sedikitpun dan tidak akan diterima suatu tebusan daripadanya dan tidak akan memberi manfaat sesuatu syafa´at kepadanya dan tidak (pula) mereka akan ditolong.

2:270
Apa saja yang kamu nafkahkan atau apa saja yang kamu nazarkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. Orang-orang yang berbuat zalim tidak ada seorang penolongpun baginya.

3:22
Mereka itu adalah orang-orang yang lenyap (pahala) amal-amalnya di dunia dan akhirat, dan mereka sekali-kali tidak memperoleh penolong.

3:56
Adapun orang-orang yang kafir, maka akan Ku-siksa mereka dengan siksa yang sangat keras di dunia dan di akhirat, dan mereka tidak memperoleh penolong.

4:31
Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga).

20:75
Dan barangsiapa datang kepada Tuhannya dalam keadaan beriman, lagi sungguh-sungguh telah beramal saleh, maka mereka itulah orang-orang yang memperoleh tempat-tempat yang tinggi (mulia),

13:37
Dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al Quran itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab. Dan seandainya kamu mengikuti hawa nafsu mereka setelah datang pengetahuan kepadamu, maka sekali-kali tidak ada pelindung dan pemelihara bagimu terhadap (siksa) Allah.

3:91
Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan mati sedang mereka tetap dalam kekafirannya, maka tidaklah akan diterima dari seseorang diantara mereka emas sepenuh bumi, walaupun dia menebus diri dengan emas (yang sebanyak) itu. Bagi mereka itulah siksa yang pedih dan sekali-kali mereka tidak memperoleh penolong.

3:150
Tetapi (ikutilah Allah), Allahlah Pelindungmu, dan Dialah sebaik-baik Penolong.

3:173
(Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan: 'Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka', maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: 'Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung'.

3:192
Ya Tuhan kami, sesungguhnya barangsiapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh telah Engkau hinakan ia, dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun.

11:113
Dan janganlah kamu cenderung kepada orang-orang yang zalim yang menyebabkan kamu disentuh api neraka, dan sekali-kali kamu tiada mempunyai seorang penolongpun selain daripada Allah, kemudian kamu tidak akan diberi pertolongan.

11:114
Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.

4:145
Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolongpun bagi mereka.

4:146
Kecuali orang-orang yang taubat dan mengadakan perbaikan dan berpegang teguh pada (agama) Allah dan tulus ikhlas (mengerjakan) agama mereka karena Allah. Maka mereka itu adalah bersama-sama orang yang beriman dan kelak Allah akan memberikan kepada orang-orang yang beriman pahala yang besar.


QS 14:52
(Al Quran) ini adalah PENJELASAN YANG SEMPURNA BAGI MANUSIA, dan supaya mereka diberi PERINGATAN dengan-Nya, dan supaya mereka MENGETAHUI  bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang BERAKAL  mengambil PELAJARAN.

QS 10:61
Kamu tidak berada dalam suatu keadaan dan tidak membaca suatu ayat dari Al Quran dan kamu tidak mengerjakan suatu pekerjaan, melainkan Kami menjadi saksi atasmu di waktu kamu melakukannya. Tidak luput dari pengetahuan Tuhanmu biarpun sebesar zarrah (atom) di bumi ataupun di langit. Tidak ada yang lebih kecil dan tidak (pula) yang lebih besar dari itu, melainkan (semua tercatat) dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).

QS 2:2
Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,

QS 17:9
Sesungguhnya Al Quran ini memberikan PETUNJUK kepada (jalan) yang lebih LURUS  dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu´min yang mengerjakan AMAL SALEH  bahwa bagi mereka ada pahala yang besar,

QS 39:41
Sesungguhnya Kami menurunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) UNTUK  MANUSIA  dengan membawa kebenaran; siapa yang MENDAPAT PETUNJUK maka (petunjuk itu) UNTUK DIRINYA SENDIRI, dan siapa yang sesat maka sesungguhnya dia semata-mata SESAT BUAT DIRINYA SENDIRI sesat buat, dan kamu sekali-kali BUKANLAH ORANG YG BERTANGGUNG JAWAB  TERHADAP MEREKA.

10:108
Katakanlah: 'Hai manusia, sesungguhnya teIah datang kepadamu kebenaran (Al Quran) dari Tuhanmu, sebab itu barangsiapa yang mendapat petunjuk maka sesungguhnya (petunjuk itu) untuk kebaikan dirinya sendiri. Dan barangsiapa yang sesat, maka sesungguhnya kesesatannya itu mencelakakan dirinya sendiri. Dan aku bukanlah seorang penjaga terhadap dirimu'.

75:17
Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya.

75:19
Kemudian, sesungguhnya atas TANGGUNGAN KAMILAH PENJELASANNYA.

69:44
Seandainya dia (Muhammad) mengadakan sebagian perkataan atas (nama) Kami,

69:45
niscaya benar-benar Kami pegang dia pada tangan kanannya.

69:46
Kemudian benar-benar Kami potong urat tali jantungnya.

11:14
Jika mereka yang kamu seru itu tidak menerima seruanmu (ajakanmu) itu maka ketahuilah, sesungguhnya Al Quran itu diturunkan dengan ilmu Allah, dan bahwasanya tidak ada Tuhan selain Dia, maka maukah kamu berserah diri (kepada Allah)?


PELAJARAN BAGI KITA
AlQuran adalah petunjuk yg lurus dan  sempurna kebaikan unt  diri kita  sendiri, dan jika manusia sesat, sesat buat dirinya sendiri, tdk ada orang lain yg turut menjaga/ bertanggungjawab.

AlQuran memberi peringatan dan pelajaran bagi manusia,  Allah yg akan menjelaskan AlQuran kepada diri setiap manusia yg bertakwa.

Pertolongan hanya bisa diberikan oleh  Allah  disaat manusia  hidup, dengan takwa,  Iman,  amal saleh, yg bisa menolong manusia adalah dirinya sendiri yaitu orang2 yang menjauhi perbuatan dosa,  bertaubat dan mengadakan perbaikan dan berpegang teguh pada (agama) Allah dan tulus ikhlas (mengerjakan) agama mereka karena Allah. Maka mereka itu adalah bersama-sama orang yang beriman dan kelak Allah akan memberikan kepada orang-orang yang beriman pahala yang besar

Dengan demikian orang yang telah meninggal dalam keadaan kafir, munafik, tidak ada seorangpun penolongnya, apalagi ...sebuah pelepah kurma.

yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik di antaranya. Mereka itulah orang-orang yang telah diberi Allah petunjuk dan mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal (39:18)

Salaamun 'alaikum

1 komentar:

  1. Subhaanallah dari apa yang mereka sekutukan.

    Tidak ada yang memberi syafa'at kecuali Ia


    Salaam

    BalasHapus