12 Agu 2011

Bedah Satu Buku Sepanjang Hidup

Salaamun 'alaikum

Bedah buku marketing, buku bisnis, mungkin  sdh sering....kadang terkagum kehebatan isi bukunya,  bagi yg pernah bikin buku.......lumayan tdk mudah  ya ternyata bikin buku.... :)

Kenapa  kita jarang  bedah buku yang satu ini, sebuah buku  PENJELASAN yg SEMPURNA bagi  manusia, yg keasliannya dipelihara oleh PENCIPTANYA  sejak Dia terbitkan  1400 tahun lalu sampai sekarang dan sampai akhir jaman,    induk dari induk  buku, yg diciptakan oleh SANG MAHA PENCIPTA, yaitu Al Qur'an.


Bedah bukunya mungkin bisa  kita mulai dari sini ...?:



QS 16:98
Apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.


QS 1:1
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

QS 73:6
Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu´) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan.

QS 20:14
Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka SEMBAHLAH AKU  dan DIRIKANLAH SHALAT  untuk MENGINGAT AKU.

QS 2:2
Kitab (Al Quran) ini TIDAK ADA KERAGUAN  padanya; petunjuk bagi mereka yang BERTAKWA,
QS 17:9

Sesungguhnya Al Quran ini memberikan PETUNJUK kepada (jalan) yang lebih LURUS  dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu´min yang mengerjakan AMAL SALEH  bahwa bagi mereka ada pahala yang besar,

QS 14:52
(Al Quran) ini adalah PENJELASAN YANG SEMPURNA BAGI MANUSIA, dan supaya mereka diberi PERINGATAN dengan-Nya, dan supaya mereka MENGETAHUI  bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang BERAKAL  mengambil PELAJARAN.

QS 39:41
Sesungguhnya Kami menurunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) UNTUK  MANUSIA  dengan membawa kebenaran; siapa yang MENDAPAT PETUNJUK maka (petunjuk itu) UNTUK DIRINYA SENDIRI, dan siapa yang sesat maka sesungguhnya dia semata-mata SESAT BUAT DIRINYA SENDIRI, dan kamu sekali-kali BUKANLAH ORANG YG BERTANGGUNG JAWAB  TERHADAP MEREKA.

75:16
Janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk (membaca) Al Quran karena hendak cepat-cepat (menguasai)nya.

75:17
Sesungguhnya ATAS  TANGGUNGAN KAMILAH  mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya.

75:18
Apabila Kami telah selesai membacakannya maka IKUTILAH  bacaannya itu.

75:19
Kemudian, sesungguhnya atas TANGGUNGAN KAMILAH PENJELASANNYA.

59:21
Kalau sekiranya Kami turunkan Al-Quran ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan KETAKUTANNYA  kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka BERFIKIR.

44:58
Sesungguhnya Kami MUDAHKAN  Al Quran itu dengan BAHASAMU  supaya mereka mendapat PELAJARAN.
----------------------------------------
Mengutip message2 diatas dpt diambil pelajaran :
  1. Membaca  AlQuran diawali dg menyebut nama Allah dan meminta perlindungan dari godaan syaitan
  2. Membaca kitab AlQuran disarankan malam hari supaya kita lebih fokus dan lebih berkesan, malam juga bermakna kiasan waktu kegelapan hatimu (ketidak pahamanmu)
  3. Sang Maha Pencipta menyampaikan bahwa diriNya adalah Allah, dan juga sampaikan bahwa tidak ada Tuhan selain Allah.
  4. Manusia diminta menyembahNya (mengabdiNya) , Shalat hanya  unt mengingat Dia.
  5. Dia menyampaikan bahwa AlQuran tdk ada keraguan sebagai petunjuk manusia yg bertakwa.
  6. Berisi petunjuk jalan yg lurus, sebagai kabar gembira bagi kaum mu'min yg mengerjakan amal saleh, akan mendapat pahala yg besar.
  7. Berisi penjelasan yg sempurna, memberikan peringatan, agar mengetahui bahwa Dia Tuhan Yg Maha Esa, agar  dalam membaca AlQuran menggunakan akal supaya  mendapat  pelajaran.
  8. AlQuran unt manusia, membawa kebenaran,  siapa yg mendpat petunjuk, petunjuk unt dirinya sendiri. Dan yg sesat, semata2 sesat unt dirinya sendiri, mereka bertangung jawab sendiri, tdk ada orang lain yg  bertanggungjawab.
  9. Kita tdk diperbolehkan terburu2 membaca AlQuran dg maksud cepat menguasai
  10. Karena atas tanggungan Allah yg akan membuat kita bisa pandai membacanya,
  11. Tidak hanya dibaca, tetapi kita harus mengikuti apa yg terkandung dlm  bacaan itu sbg pedoman hidup kita.
  12. Atas tanggungan Allah yg akan menjelaskan hikmah2 AlQuran.
  13. Diumpamakan jika AlQuran diturunkan kpd gunung, maka gunung yg besar dan kokoh itu pasti akan tunduk terpecah belah karena takutnya kepada Allah, perumpamaan tsb agar manusia berpikir.
  14. AlQuran dimudahkan dg bahasa kita supaya dimudahkan, supaya mendapat pelajaran, dan skrg sdh banyak dlm berbagai terjemahan.
  15. AlQuran dapat dipahami dan memberi petunjuk  hanya kepada orang yg bertakwa.
Pertanyaan2 selanjutnya muncul dalam penelusuran bedah buku

Apakah benar buku ini dibuat oleh Allah,  ? Jaman dulu pembuktian Allah ditunjukkan  dengan memberi mukjizat kepada nabi sebagai utusanNya, seperti kemampuan membelah laut, menghidupkan orang mati. Mukjizat tersebut sangat mudah dipahami langsung kepada manusia jaman dulu

AlQuran yang telah diturunkan 1400 tahun lalu, telah terungkap  mukjizat AlQuran yang Dia sebetulnya sudah sebutkan di surat 74,  unt  meyakinkan  manusia abad modern bahwa ayat perayat dari AlQuran memang benar memang merupakan design kata2 dari Allah.

Seperti apa mukjizat AlQuran bisa dibaca disini https://penerang-info.blogspot.com 

Salaamun 'alaikum

1 komentar:

  1. Satu lagi yang mengagumkan dari Al-Quran, bahwa buku ini tidak ada awalnya/depannya dan juga tidak ada akhirnya/belakangnya. Kalau ada awal dan akhir maka berarti buku ini adalah buku cerita /dongeng.

    Bukti nyata bahwa buku ini tidak ada awal dan akhirnya :

    Kita tahu bahwa surah 1 (Al-Fatihah) adalah Wahyu ke 5, dan Wahyu ke 1 adalah surah [96:1-5]. MAKA, .... mana yg disebut sebagai awal Kitab ini ? Wahyu atau Surah ?

    Kita juga tahu bahwa surah terakhir [114] adalah Wahyu ke 21, dan wahyu terakhir adalah surah [110:1-3]. MAKA .... mana yg disebut sebagai akhir dari Al-Quran itu ? Wahyu atau Surah ?

    Itulah sebabnya mengapa Allah katakan :

    "Bacalah yang mudah bagimu" ..... kalimat ini sampai ditulis 2 x dalam satu ayat yaitu ayat [72:20]. Artinya, Al-Quran itu dibaca mulai dari mana saja SAMA SAJA.

    Al-Quran itu ibaratkan sebuah 'PUZZLE'.

    Kita tidak akan dapat memecahka teka-teki sebuah puzzle jika kita tidak perhatikan seluruh bagian (clue) dari puzzle itu.
    Kita dalam memecahkan teta-teki sebuah puzzle tidak perlu tahu mana awal dan mana akhir, dari mana saja kita mulai asal semua clue itu kita perhatikan maka kita akan bisa merangkaikan bagian-bagian itu menjadi suatu gambaran yang jelas.
    Kalau misalnya kita mengambil bagian (clue) diluar clue yang sudah ditentukan dalam permainan puzzle itu, maka gambaran puzzle itu tidak akan terungkap, bahkan bisa memberikan gambaran lain.

    Demikian pula Al-Quran, kita tidak akan bisa mengungkap Hikmah suatu ayat JIKA kita tidak perhatikan seluruh ayat yang ada. Jika kita ambil sumber lain untuk menjelaskan ayat Al-Quran, kita tidak akan mendapatkan pemahaman yang Benar, bahkan menyimpang jauh dari pemahaman yang dimaksud oleh Penciptanya, maka perintahNYA adalah :

    IQRO' !!! .... BACALAH !!! ..... Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan [96:1].

    Bacalah di sini bukan dengan maksud "mengaji" (hanya dibaca dengan lagu yg merdu tanpa memperhatikan maknanya/hikmahnya).

    Bacalah di sini maksudnya ialah PAHAMILAH !!! [43:3].

    PAHAMILAH DENGAN NAMA TUHANMU YANG MENCIPTAKAN ! .... bukan 'dengan nama-nama orang yg menciptakan buku-buku diluar Al-Quran'.

    Salam.

    BalasHapus