20 Apr 2012

AlQuran dimudahkan, hanya yg berakallah, yg beriman, yg bertakwa yg dapat mengambil PelajaranNya

Maha Mulia Allah Yg menurunkan AlQuran...

7:204 Dan apabila dibacakan Al Quran, maka DENGARKANLAH BAIK-BAIK, dan PERHATIKANLAH dengan TENANG agar kamu mendapat RAHMAT.

2:2 Kitab (Al Quran) ini TIDAK ada KERAGUAN padanya; PETUNJUK bagi mereka yang BERTAKWA,

56:80 DITURUNKAN dari Tuhan Semesta Alam

56:81 Maka apakah kamu menganggap remeh saja Al-Quran ini?.

AlQuran dimudahkan Allah dengan bahasamu, kenapa hal yg telah dimudahkan Allah manusia mengeluh sulit ? Dan selalu memerlukan orang2 nenek moyang unt menunjukkan jalanNya ? Yg akhirnya AlQuran tdk dipahami isinya ?



19:97 Maka sesungguhnya telah KAMI MUDAHKAN Al Quran itu dengan bahasamu, agar kamu dapat memberi KABAR gembira DENGAN ALQURAN itu kepada orang-orang yang BERTAKWA , dan agar kamu memberi PERINGATAN DENGANNYA (AlQuran) kepada kaum yang MEMBANGKANG.

AlQuran kitab pelajaran yang menerangkan, tidak layak disyairkan (dibaca seperti bersyair/dilagukan), sbg kitab pelajaran sepatutnya dipelajari dg tekun, dan berangsur2.

36:69 Dan Kami TIDAK MENGAJARKAN SYAIR kepadanya (Muhammad) dan bersyair itu TIDAKLAH LAYAK baginya. Al Quran itu tidak lain HANYALAH PELAJARAN dan kitab yang MEMBERI PENERANGAN.

3:138 (Al Quran) ini adalah PENERANGAN bagi SELURUH MANUSIA, dan PETUNJUK serta PELAJARAN bagi ORANG-ORANG yang BERTAKWA.

29:51 Dan APAKAH TIDAK CUKUP bagi mereka bahwasanya Kami TELAH MENURUNKAN kepadamu ALKITAB (Al Quran) sedang dia DIBACAKAN kepada mereka? Sesungguhnya DALAM (Al Quran) itu terdapat RAHMAT yang BESAR dan PELAJARAN bagi orang-orang yang BERIMAN.

13:19 ADAKAH orang yang MENGETAHUI bahwasanya APA YANG DITURUNKAN (diungkapkan) kepadamu dari TUHANMU itu benar SAMA dengan orang yang BUTA ? Hanyalah orang-orang yang BERAKAL SAJA yang dapat MENGAMBIL PELAJARAN,

39:9 ataukah orang yang beribadat di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: 'ADAKAH SAMA orang-orang yang MENGETAHUI dengan orang-orang yang TIDAK MENGETAHUI?' Sesungguhnya orang yang BERAKALLAH yang dapat MENERIMA PELAJARAN.

Jika kita membaca ayat2 tsb menjelaskan bahwa sebenarnya AlQuran adalah kitab pelajaran, penerangan, dan dapat dipahami bagi orang2 berakal, bertakwa, beriman.

Berbeda dg ajaran dari kitab Tirmidzi melarang mempelajari AlQuran dg akalnya, shg berbeda dg ajaran AlQuran,?

-------
Al-Quran tidak bisa ditafisirkan dengan ra'yu (akal)n dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW berkata: "Barang siapa berbicara tentang al-Quran dengan akalnya atau dengan apa yang tidak dia ketahui ilmunya, maka hendaklah dia menyiapkan tempat duduknya di neraka" (HR. Tirmidzi, Na'sai dan Abu Daud, Tirmidzi berkata ini adalah hadits hasan.
--------

Kitab Tirmidzi tsb juga melarang mempelajari AlQuran Jika tidak mengetahui ilmunya ?
Kita simak ayat 42:52 bahwa nabi sebelumnya tdk mengetahui ilmu kitab dan apakah itu iman, dg AlQuran itu nabi menjadi tahu

42:52 Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Quran) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu TIDAKLAH MENGETAHUI apakah Al Kitab (Al Quran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami MENJADIKAN Al Quran itu CAHAYA, yang Kami TUNJUKI dengan dia (AlQuran) siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada JALAN yang LURUS.

Orang yg tidak mengetahui ilmunya gelap gulita, akan mendapat ilmu dg terang benderang dari kitab, dan ilmu dari Tuhan yg terkandung didalam AlQuran tdk dijelaskan dari kitab2 lainnya diluar AlQuran, dan dipersyaratkan didalam AlQuran bahwa unt mendapat pelajaran AlQuran adalah mempelajarinya dg akal, dg takwa, dan dengan iman, yi dg membaca ayat2 AlQuran itu sendiri dan ayat2 yg dilangit dn dibumi. 45:1-11

5:16 DENGAN KITAB ITULAH Allah MENUNJUKI orang-orang yang MENGIKUTI keridhaan-Nya ke JALAN KESELAMATAN, dan (dengan kitab itu pula) Allah MENGELUARKAN orang-orang itu DARI GELAP GULITA kepada CAHAYA yang TERANG BENDERANG dengan SEIZINNYA, dan MENUNJUKI mereka ke JALAN yang LURUS.

Tidak diajarkan didalam AlQuran mempelajari AlQuran dg mempelajari kisah2 cerita dari mulut ke mulut, diluar AlQuran. Terhadap adanya beredarnya berita2 cerita ttg kebenaran perilaku dan perkataan nabi , Allah menetapkan dlm surat yg diwajibkan 24:1, menetapkan kehadiran 4 saksi 24:13, dan jika tdk dihadirkan 4 saksi berita dari pendusta, meskipun berita tsb dari orang mukmin dan berita baik 24:11-12. thdp penyiaran berita mulut ke mulut disisi Allah hal besar, 24:15, Allah melarangnya tdk mengulangi selamanya 24:17.

Ulasan ini insyaallah murni atas dasar petunjuk pelajaran dari ayat2 AlQuran. Kitab yg wajib diimani bagi umat Islam.

Dan jika terdapat perbedaan pendapat, umat agar memutuskan perkara dg AlQuran.

5:49 dan HENDAKLAH kamu MEMUTUSKAN PERKARA di antara mereka MENURUT apa yang DITURUNKAN Allah, dan JANGANLAH kamu MENGIKUTI HAWA NAFSU mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak MEMALINGKAN kamu dari SEBAHAGIAN apa yang TELAH DITURUNKAN Allah kepadamu. Jika mereka BERPALING, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan mushibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa-dosa mereka. Dan sesungguhnya kebanyakan manusia adalah orang-orang yang FASIK.

Apakah maksud Allah menurunkan ayat ini menurut akal kita ?

7:103 Kemudian Kami utus Musa sesudah rasul-rasul itu dengan MEMBAWA AYAT-AYAT KAMI kepada Fir´aun dan PEMUKA-PEMUKA kaumnya, Tapi mereka berbuat ZALIM. Maka PERHATIKANLAH bagaimana AKIBAT orang-orang yang berbuat kerusakan.

Apakah yg dimaksud lebih zalim menurut AlQuran ?

6:93 Dan siapakah yang LEBIH ZALIM daripada orang yang MEMBUAT KEDUSTAAN terhadap Allah atau yang berkata: 'Telah diwahyukan kepada saya', PADAHAL TIDAK ADA DIWAHYUKAN SESUATUPUN kepadanya, dan orang yang berkata: 'SAYA akan MENURUNKAN SEPERTI apa yang DITURUNKAN Allah'. Alangkah DAHSYATNNYA sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang ZALIM berada dalam tekanan sakratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata): 'Keluarkanlah nyawamu' Di hari ini kamu dibalas dengan siksa yang sangat MENGHINAKAN , karena kamu selalu MENGATAKAN terhadap Allah (perkataan) yang TIDAK BENAR dan (karena) kamu selalu MENYOMBONGKAN DIRI terhadap AYAT-AYAT-Nya.

Menyombongkan diri = diberitahu ayat oleh Allah, tdk mengikutinya dan justru memberitahu kpd Allah dg berita2 lain yg tdk benar.

Membuat kedustaan = membuat perkataan bohong, bukan perkataan Allah diberitakan sbg perkataan Allah (Allah berfirman dan nabi berkata, diuar AlQuran), ayat 24:13 menjelaskan berita dusta dmaksud.

Menyiarkan berita dusta sbg perintah Allah dinyatakan lebih zalim 6:93 karena berdampak umat tersesat dan semua yg mengikutinya bakal terkena azab besar dunia dan akhirat semuanya, krn berita dusta tsb. 24:14

Sekedar menyampaikan apa yg ada didalam AlQuran.

Maha Benar hanya milik Allah

Mudah2an Dia memberi petunjuk yg lebih dekat kebenarannya dari ini 18:24

Salaam

1 komentar: