12 Apr 2012

Kenapa Diantara golongan atau aliran agama selalu berselisih

Sebagai orang yg awam dg golongan2 agama, turut prihatin dg perselisihan antar umat Islam, bahkan perselisihan agama diantara umat terjadi sejak dahulu, mereka saling mengatakan ingkar dan kafir menurut alirannya masing2.

Hikmah ayat2 AlQuran ini diturunkan tentu ada maksudnya bagi manusia, agar manusia tdk berselisih. Kehidupan di bumi menjadikan kehidupan yang damai dan penuh rahmat dari Allah.

Tulisan ini hasil penelusuran petunjuk jalan dari kitab AlQuran, thdp perselisihan diantara umat Islam, mengikuti perintah untuk menggunakan AlQuran memutuskan perkara.

5:48 Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa KEBENARAN, MEMBENARKAN apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka PUTUSKANLAH PERKARA mereka MENURUT APA YANG ALLAH TURUNKAN dan janganlah kamu mengikuti HAWA NAFSU mereka dengan MENINGGALKAN KEBENARAN yang TELAH DATANG kepadamu. Untuk TIAP-TIAP UMAT diantara kamu, Kami berikan ATURAN dan JALAN yang TERANG. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya SATU UMAT (saja), tetapi Allah hendak MENGUJI kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka BERLOMBA-LOMBALAH berbuat KEBAJIKAN. Hanya kepada Allah-lah KEMBALI SEMUANYA, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu PERSELISIHKAN itu,



(30:31) dengan KEMBALI BERTAUBAT kepadaNya dan BERTAKWALAH kepadaNya serta dirikanlah SHALAT DAN JANGALAH kamu termasuk orang-orang yang MEMPERSEKUTUKAN ALLAH,

(30:32) yaitu orang-orang yang MEMECAH-BELAH AGAMA mereka dan DAN mereka menjadi BEBERAPA GOLONGAN. Tiap-tiap GOLONGAN merasa BANGGA DENGAN APA YANG ADA PADA GOLONGAN MEREKA

Membaca ayat 30:31-32 tsb diterangkan bhw orang2 yg memecah belah agama menjadi golongan2 dinyatakan didalam AlQuran adalah termasuk musyrik (mensekutukan Tuhan). Mereka bangga dg golongannya masing2. Mereka dinyatakan musyrik karena menjadikan agama berbeda2 bergolongan2 masing2 menyatakan bahwa pemahamannya adalah ajaran yang paling benar. Padahal Allah tidak menurunkan agama menjadi bergolongan2.

(15:91) ORANG-ORANG YANG TELAH MENJADIKAN AL QURAN ITU TERBAGI-BAGI.

(15:92). MAKA DEMI TUHANMU, KAMI PASTI AKAN MENANYAI MEREKA SEMUA,

(15:93) TENTANG APA YANG TELAH MEREKA KERJAKAN DAHULU.

(15:94) MAKA SAMPAIKANLAH OLEHMU SECARA TERANG-TERANGAN SEGALA APA YANG DIPERINTAHKAN (KEPADAMU) DAN BERPALINGLAH DARI ORANG-ORANG YANG MUSYRIK.

Ayat 15:91-94 menerangkan bahwa mereka yg membuat AlQuran terbagi2 menjadikan umat bergolongan2, mereka semua akan ditanya ttg apa yg mereka lakukan. Umat diperintahkan unt menyampaikan secara terang2an atas segala apa yg diperintahkan dan umat diperintahkan unt berpaling dari orang2 musyrik (yg menggolong2kan agama mensekutukan Tuhan sebagaimana ayat 30:31-32

(2:213) manusia itu adalah UMAT YANG SATU.(Setelah timbul perselisihan) maka Allah mengutus PARA NABI, sebagai PEMBERI PERINGATAN, dan Allah menurunkan bersama MEREKA KITAB YANG BENAR, untuk MEMBERI KEPUTUSAN DI ANTARA MANUSIA TENTANG PERKARA YANG MEREKA PERSELISIHKAN. TIDAKLAH BERSELISIH TENTANG KITAB ITU MELAINKAN ORANG YANG TELAH DIDATANGKAN KEPADA MEREKA KITAB, YAITU SETELAH DATANG KEPADA MEREKA KETERANGAN-KETERANGAN YANG NYATA, KARENA DENGKI ANTARA MEREKA SENDIRI. MAKA ALLAH MEMBERI PETUNJUK ORANG-ORANG YANG BERIMAN KEPADA KEBENARAN TENTANG HAL YANG MEREKA PERSELISIHKANN ITU DENGAN KEHENDAK-NYA. DAN ALLAH SELALU MEMBERI PETUNJUK ORANG YANG DIKEHENDAKI-NYA KEPADA JALAN YANG LURUS.

Ayat 2:213 tsb menerangkan bahwa umat manusia itu adalah umat yg satu (berasal dari 1 keturunan umat yaitu umatnya nabi Adam), perselisihan bukan karena kitab2 Tuhan saling bertentangan, tetapi karena orang2 yang berselisih. Tuhan menurunkan nabi-nabi yang masing2 nabi membawa Kitab dari Tuhannya unt memberi peringatan. Allah menurunkan kpd mereka (para nabi) kitab yang benar untuk memberi keputusan atas apa yg mereka perelisihkan. Mereka yg didatangkan kitab itu berselisih karena keterangan2 yg mereka pahami dari sumber2 dan pemahaman yg berbeda2 dan diantara mereka saling dengki atas perbedaan2 pemahaman yang diperoleh dari sumber2 yg berbeda2 tsb. Allah memberi petunjuk orang2 beriman kpd kebenaran yg mereka perselisihkan dg kehendakNya dan Allah memberi petunjuk orang yg dikehendakiNya kpd jalan yg lurus. AlQuran adalah petunjuk jalan yang lurus.

22:57 dan agar orang-orang yang telah DIBERI ILMU, meyakini bahwasanya Al Quran itulah yang HAK dari TUHAN-mu lalu mereka BERIMAN dan TUNDUK HATI mereka kepadanya dan sesungguhnya ALLAH adalah PEMBERI PETUNJUK bagi orang-orang yang BERIMAN kepada JALAN yang LURUS.

Jika kita mencermati beberapa ayat berikut dapat dipahami
Bagaimana mereka berselisih

2:113 Dan orang-orang YAHUDI berkata: 'Orang-orang NASRANI itu TIDAK mempunyai suatu PEGANGAN', dan orang-orang NASRANI berkata: 'Orang-orang YAHUDI TIDAK mempunyai sesuatu PEGANGAN,' padahal mereka (sama-sama) membaca ALKITAB (dari Tuhan). Demikian pula orang-orang yang tidak mengetahui, mengatakan SEPERTI ucapan mereka itu. Maka Allah akan MENGADILI diantara mereka pada hari KIAMAT, tentang apa-apa yang mereka BERSELISIH padanya.

Dari ayat 2:113 dapat dipahami bahwa orang2 golongan Yahudi berselisih dg orang2 golongan Nasrani karena mereka berpedoman dg kitab yang berbeda, padahal mereka sama2 membaca kitab dari Tuhan yg menurunkan kitab. Demikian juga orang2 yg diturunkan pemahaman tsb kpada anak keturunan generasi ke generasi, mereka saling berselisih atas pemahamannya tersebut mengikuti nenek moyangnya. Dihari kiamat mereka diadili atas apa yg mereka perselisihkan.
Diantara sesama yahudi atau nasrani masing2 juga terpecah belah karena mereka para ahli kitab ada yg merubah2 isi kitab, sehingga kitab menjadi beragam pemahamannya, dan masing2 ragam memiliki kaum penganut yg membuat mereka saling dengki dan berselisih menjauhi pemahaman kitab aslinya. Mereka lebih mengikuti petunjuk2 lain dari para pemimpin mereka masing2, sebagaimana diperingatkan.

7:3 IKUTILAH apa yang DITURUNKAN KAPADAMU dari TUHAN-mu dan JANGANLAH kamu mengikuti PEMIMPIN-PEMIMPIN selain-Nya. AMAT SEDIKITLAH kamu MENGAMBIL PELAJARAN (daripadanya).

2:109 Sebahagian BESAR AHLI KITAB MENGINGINKAN agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada KEKAFIRAN setelah kamu BERIMAN, karena DENGKI yang (timbul) dari DIRI MEREKA SENDIRI, setelah NYATA bagi mereka KEBENARAN. Maka MAAFKANLAH dan BIARKANLAH MEREKA , sampai Allah mendatangkan perintah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Dari ayat 2:109 sebagian besar ahli kitab menginginkan agar kamu kafir dari iman. Mereka merubah isi kitab sehingga pemahaman antara ahli kitab yg satu dg lainnya berbeda2 mengikuti aliran masing2, mereka bergolongan2 diantara pengikut nabi Musa atau nabi Isa atau diantara pengikut kedua nabi tsb. Diantara mereka saling dengki.

Dari ayat dibawah yg dinyatakan ahli kitab tidak hanya pada kitab Taurat dan Injil tetapi juga AlQuran. Dan AlQuran yg diturunkan kpd nabi Muhammad sebenarnya adalah ajaran2 dari Taurat dan Injil

5:68 Katakanlah: 'Hai Ahli Kitab, kamu TIDAK dipandang BERAGAMA SEDIKITPUN hingga kamu MENEGAKKAN AJARAN-AJARAN TAURAT, INJIL, dan ALQURAN yang DITURUNKAN kepadamu dari TUHANMU'. Sesungguhnya apa yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dari Tuhanmu akan MENAMBAH KEDURHAKAAN dan KEKAFIRAN kepada KEBANYAKAN dari mereka; maka janganlah kamu bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir itu.

Sebagaimana diperintahkan kpd nabi Muhammad mengikuti yg diajarkan nabi Ibrahim, Allah menjadikan nabi Ibrahim imam semua umat.

16:123 Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): 'Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif' dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.

2:124 Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: 'Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu IMAM bagi SELURUH MANUSIA'. Ibrahim berkata: '(Dan saya mohon juga) DARI KETURUNANKU'. Allah berfirman: 'JANJIKU-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim'.

Ayat2 tsb, menerangkan ajaran AlQuran, Taurat, Injil adalah sama, diberikan kpd para nabi keturunan Nabi Ibrahim, imam seluruh umat manusia dan nabi2 keturunannya juga telah menjadi imam seluruh umat manusia atas janji Tuhan memenuhi permohonan doa nabi Ibrahim.

5:66 Dan sekiranya mereka sungguh-sungguh menjalankan (hukum) TAURAT dan INJIL dan (ALQURAN) yang DITURUNKAN kepada mereka DARI TUHANNYA, niscaya mereka akan mendapat makanan dari atas dan dari bawah kaki mereka. Diantara mereka ada golongan yang PERTENGAHAN. Dan alangkah BURUKNYA apa yang dikerjakan oleh kebanyakan mereka.

5:67 Hai Rasul, SAMPAIKANLAH apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. Dan jika TIDAK kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu TIDAK menyampaikan amanat-Nya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.

64:8 Maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada CAHAYA (Al-Quran) yang telah KAMI TURUNKAN. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Ayat 5:67 adalah perintah kepada rasul untuk menyampaikan apa yang diturunkan kepadanya (AlQuran), jika rasul tidak menyampaikan AlQuran berarti rasul tidak menyampaikan pesan Tuhan (ayat2), tetapi perkataan rasul adalah perkataan manusia biasa yang beraktivitas ke pasar berdagang dan lainnya, dan sdg tidak berkata2 pesan Tuhan (ayat2).

Sebagaimana dijelaskan 64:8 perintah beriman kpd Allah, rasul dan beriman kpd AlQuran sebagaimana disampaikan rasul

Sebagaimana umat muslim beriman kepada kitab2 yg diturunkan dari Tuhan, Jika mereka menjalankan kitab2 dengan sungguh2, mereka mendapat makanan dari atas dan dari bawah (kebaikan dari Tuhannya). Diantara mereka ada yg tdk sepenuhnya sungguh2 menjalankan kitab yg diturunkan, mereka adalah golongan pertengahan, sebagiannya menjalankan selain kitab AlQuran.

Ayat2 tersebut memberikan gambaran bahwa perselisihan terjadi karena mereka membuat aliran2 merubah2 kitab, menjalankan sebagian kitab, sehingga masing2 memiliki paham yg berbeda2 dan diantara mereka saling dengki.

Ayat 5:66 Menjelaskan bahwa masing2 kitab yg diturunkan Tuhan adalah kitab yg benar,

6:91 Dan mereka tidak menghormati Allah dengan penghormatan yang semestinya, di kala mereka berkata: 'Allah tidak menurunkan sesuatupun kepada manusia'. Katakanlah: 'Siapakah yang menurunkan kitab (Taurat) yang dibawa oleh Musa sebagai CAHAYA dan PETUNJUK bagi MANUSIA, kamu jadikan kitab itu lembaran-lembaran kertas yang BERCERAI-BERAI, kamu perlihatkan (sebahagiannya) dan kamu SEMBUNYIKAN sebahagian BESARNYA, padahal TELAH DIAJARKAN kepadamu apa yang KAMU dan BAPAK-BAPAK kamu TIDAK MENGETAHUI(nya)?' Katakanlah: 'ALLAH-LAH (yang menurunkannya)', kemudian (sesudah kamu menyampaikan Al Quran kepada mereka), BIARKANLAH mereka bermain-main dalam KESESATANNYA.

6:92 Dan ini (Al Quran) adalah KITAB yang telah Kami turunkan yang DIBERKAHI; MEMBENARKAN kitab-kitab yang (diturunkan) sebelumnya dan agar KAMU MEMBERI PERINGATAN kepada (penduduk) Ummul Qura (Mekah) dan orang-orang yang di luar lingkungannya. Orang-orang yang beriman kepada adanya kehidupan akhirat tentu beriman kepadanya (Al Quran) dan mereka selalu memelihara sembahyangnya.

6:93 Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang membuat KEDUSTAAN terhadap ALLAH atau yang berkata: 'Telah diwahyukan kepada saya', padahal tidak ada diwahyukan sesuatupun kepadanya, dan orang yang berkata: 'Saya akan menurunkan seperti apa yang diturunkan Allah'. Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang zalim berada dalam tekanan sakratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata): 'Keluarkanlah nyawamu' Di hari ini kamu dibalas dengan siksa yang sangat menghinakan, karena kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat-Nya.

2:62 Sesungguhnya orang-orang MUKMIN, orang-orang YAHUDI, orang-orang NASRANI dan orang-orang SHABIIN, SIAPA SAJA diantara mereka yang benar-benar BERIMAN kepada ALLAH, HARI KEMUDIAN dan BERAMAL SALEH , mereka akan menerima PAHALA dari TUHAN MEREKA, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

5:82 Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya (kekafirannya) terhadap orang-orang yang BERIMAN ialah orang-orang YAHUDI dan orang-orang MUSYRIK. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: 'Sesungguhnya kami ini orang Nasrani'. Yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka TIDAK MENYOMBONGKAN DIRI.

5:83 Dan apabila mereka mendengarkan apa yang diturunkan kepada Rasul (Muhammad), kamu lihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran (Al Quran) yang telah mereka ketahui (dari kitab-kitab mereka sendiri); seraya berkata: 'Ya Tuhan kami, kami TELAH BERIMAN , maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi

Mereka yg menyatakan sbg orang nasrani, orang yahudi, orang muslim, ketika mereka beriman dg kitab yang sama AlQuran bagi mereka tdk ada kekawatiran. Bahkan orang2 nasrani yg beriman dan tdk sombong mereka mencucurkan air mata ketika mereka mendengarkan AlQuran krn sebenarnya Allah mengajarkan hal yg sama diantara kitab2 yg diturunkan dari Tuhan, petunjuk jalan dan rahmat bagi seluruh umat.

29:51 Dan APAKAH TIDAK CUKUP bagi mereka bahwasanya Kami telah menurunkan kepadamu ALKITAB l (Al Quran) sedang dia (AlQuran) DIBACAKAN kepada mereka? Sesungguhnya DALAM (Al Quran) itu terdapat RAHMAT YANG BESAR dan PELAJARAN bagi orang-orang yang BERIMAN.

Dan wahyu yg diturunkan kpd Muhammad sebenarnya juga telah diajarkan kepada Ibrahim 16:123, imam bagi semua umat, dan nabi2 keturunannya 16:120,2:124 bapak nenek moyang nabi Musa (Taurat), nabi Isa (Injil) dan nabi Muhammad (AlQuran).


Kesimpulan Hikmah dari ayat2 tsb diatas:

Selama umat menggunakan kitab terakir AlQuran sebagai petunjuk, akan mudah umat mencari kesamaan paham, krn pada dasarnya manusia asalnya satu umat Adam). Namun ketika umat beriman menggunakan pedoman kitab menjadi terbagi2, beraliran2, atau bergolongan2, dengki diantara golongan, jika diantara mereka pemimpin agamanya masing2 berkumpul dan membicarakan bagaimana caranya masuk surga, mereka pasti akan berdebat hebat. Bahkan tdk menutup kemungkinan saling hujat dan saling mengatakan ingkar, ingkar injil versi a, b, c dst, ingkar Taurat, ingkar AlQuran gol a, b, c , dst. Kenapa demikian karena mereka mengikuti kpd pemimpin dari masing2 golongan kitabnya masing2, masing2 memahami ajaran yg berbeda2, dan ada dengki diantara yg berselisih, shg Allah menetapkan, mereka yg menggolong2kan agama adalah mensekutukan Tuhan. Mereka musyrik. Dan jika semua kitab2 petunjuk yang disusun pemimpin2 mereka itu dikumpulkan pastilah diantara kitab2 itu saling bertentangan, mereka memiliki tuhannya masing2 mengajarkan agama berbeda2. Untuk itulah AlQuran diturunkan membenarkan semua kitab. Menjadi penguji adanya kitab2 tsb. ALQURAN kitab yg benar. Dan yg memandu petunjuk Tuhan adalah Allah melalui kitab petunjukNya sesuai ayat ini

46:30 Mereka berkata: 'Hai kaum kami, sesungguhnya kami telah MENDENGARKAN KITAB (Al Quran) yang TELAH DITURUNKAN sesudah Musa yang membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya lagi MEMIMPIN kepada KEBENARAN dan kepada JALAN YANG LURUS.

16:9 Dan HAK bagi Allah (menerangkan) JALAN YANG LURUS , dan di antara jalan-jalan ada yang BENGKOK. Dan jikalau Dia menghendaki tentulah Dia MEMIMPIN kamu semuanya (kepada jalan yang lurus).

24:46 Sesungguhnya Kami telah MENURUNKAN AYAT-AYAT yang MENJELASKAN. Dan Allah MEMIMPIN siapa yang dikehendaki-Nya kepada JALAN YANG LURUS.

27:63 Atau SIAPAKAH YANG MEMIMPIN kamu dalam KEGELAPAN di DATARAN dan LAUTAN dan SIAPA (pula)kah yang mendatangkan angin sebagai kabar gembira sebelum (kedatangan) RAHMAT-Nya? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Maha Tinggi Allah terhadap apa yang mereka persekutukan (dengan-Nya).

27:81 Dan kamu sekali-kali tidak dapat memimpin (memalingkan) orang-orang buta dari kesesatan mereka. Kamu tidak dapat menjadikan (seorangpun) mendengar, kecuali orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami, lalu mereka berserah diri.
Mudah-mudahan Allah memberi petunjuk yang lebih benar dari tulisan ini 18:24

Segala Puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam

Salaam.

2 komentar:

  1. Salamun alaikum...

    QS. 3 (19) Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. Lihat juga
    Sebenarnya mudah saja kalo terjadi perselisihan seperti itu, kembalikanlah semuanya kepada Alloh ( Al Qur’an ). Sekarang pertanyaannya : Mau tidak orang kembali ke Al qur’an…??? Ini yang sulit, ini yang susah. Masing-masing orang orang masih ngotot dengan dalilnya sendiri-sendiri.
    QS. 42 (10) Tentang sesuatu apapun kamu berselisih, maka putusannya (terserah) kepada Allah. (Yang mempunyai sifat-sifat demikian) itulah Allah Tuhanku. Kepada-Nya lah aku bertawakkal dan kepada-Nya-lah aku kembali.
    QS.16(64) Dan Kami tidak menurunkan kepadamu Al-Kitab (Al Quran) ini, melainkan agar kamu dapat menjelaskan kepada mereka apa yang mereka perselisihkan itu dan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salaamun 'alaykum bima shabartum 13:24

      Mudah-mudahan orang-orang laki dan perempuan beriman, diberi petunjuk Allah, diterangkan penglihatannya, dikuatkan pendengarannya, dilembutkan perasaan-nya, disujudkan jiwanya, Dia berkehendak menolong mereka untuk beriman dan menghambakan dirinya kepada Tuhannya dengan memurnikan ketaatan kepada Allah

      Segala Puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam

      Salaam

      Hapus