2 Apr 2012

Mereka yang ragu AlQuran, bertanya...

Umat yang ragu AlQuran bertanya

-------------------------------------------
tolong dibantu solusinya pake ayat Qur'an.
contoh kasus:
ada sebuah tanah kosong. lantas si A dan si B berniat memiliki tanah tersebut. lantas si A dan si B berperkara di pengadilan. si A mendatangkan saksi, si B mendatangkan... saksi. karena saksi A lebih kuat daripada saksi B, maka si A dimenangkan, kemudian si A mengurus sertifikatnya. setelah itu tanah dijual oleh si A. hasilnya dibagi dua antara si A dan si B.
beberapa lama kemudian, datanglah si C. pemilik asli tanah tersebut. bagaimanakah keputusannya? apakah tanah kembali ke C, ataukah C kehilangan tanahnya selama-lamanya?

ada yang bisa berikan solusinya... ?



------------------------------------------


PENJELASAN DARI HIKMAH ALQURAN

Tentang kasus sengketa tanah

AlQuran mengajarkan berbuat tertib, teratur (27:17-18), adil (38:22,38:26, 5:8, 20:112,16:90), bermuamalah dg perjanjian (2:282-283), bermusyawarah (3:159), waris/wasiat (2:240,5:106-108), condong kepada damai (8:61, 49:9), dan sistem dg kepengurusan (9:60), kelestarian bumi (2:205,13:25), mengucapkan salaam, berkata2 yg baik, dg orang jahil sekalipun (6:54, 25:63),



Jika sistem pengurus lalulintas jalan membuat rambu2 lalulintas, agar semua pejalan kaki maupun kendaraan menjadi tertib, nyaman dan aman, maka akan diperlukan hukum2 bagaimana agar lalulntas jalan itu tidak macet, tidak terjadi kecelakaan yg mencelakakan pejalan, maka jika kita mengikuti hukum lalulintas itu maka sebenarnya kita menjalankan amal kebaikan, ketertiban, menjaga kelancaran pejalan, menjaga dari bahaya kecelakaan.

Ketika nabi Nuh membawa kendaraan kapal yg dapat menampung penumpang dan terapung diatas air, sebenarnya terdapat ayat2 kapal yg dapat terapung diatas air tsb.

Manusia diberi akal agar bertebaran dimuka bumi 62:10, semua yg dilangit dan dibumi diperuntukkan semua untuk manusia, didalamnya terdapat ayat2 bagi yg berpikir. 45:13. Ayat2 dibumi dan dilangit manusia disuruh mencari/berpikir agar dapat menjadikan karunia. Tanah dapat ditanam, menghasilkan buah/hasil tanam untuk kebutuhan manusia dan berniaga.......garis edar bulan dan matahari terdapat ayat2, rumus2 garis edar yg jika ditemukan rumusnya dapat digunakan untuk menentukan bilangan waktu hari, bulan tahun. 16:3-18, 10:5, Manusia dapat membuat kalender, membuat jadwal perjalanan, rencana pertemuan......Bagaimana rumus garis edar, bagaimana mengatur lalu lintas, bagaimana mengatur penggunaan lahan, manusia sdh diberi akal unt berpikir bagaimana mendpatkan karunia yg dibumi dan dilangit untuk kemanfaatan manusia, semua milikNya yg dibumi dan dilangit jika semua ditulis tidak cukup dg tinta 7 lautan setelah kering dan pena pohon2 dibumi 31:27, sehingga jangan berharap semua ayat dibumi dan dilangit ditulis dalam kitab.....bagaimana membuat dan menyimpan kitabnya ? :)

Berkaitan kasus tanah, terdapat hikmah2 AlQuran yg dapat dijadikan pedoman

- tanah adalah pemberian Allah sumber alam dg luasan terbatas, sebagai tempat unt tinggal, berkebun, berniaga, yg patut unt disukuri dan dikelola/diatur dengan tertib oleh negara, unt menjaga kedamaian diantara penduduk didalam sistem kepengurusan bangsa/negara.

- unt menghindarkan perselisihan diantara umat yg mengelola lahan unt halaman atau unt berkebun tentu negara membuat peraturan perjanjian pengelolaan lahan, dengan tujuan mendapatkan keteraturan dan ketertiban dan kedamaian bagi rakyatnya, untuk memanfaatkan lahan2 tanah unt perkebunan, tempat tinggal dsb

- sehingga C yg telah memiliki hak penggunaan lahan tentunya telah tercatat dengan tertib oleh negara, dan jika ada A dan B yg mengaku memiliki lahan tsb tentu dengan adil negara memberi keputusan kepada yg berhak sesuai perjanjian hak pengelolaan lahan yg tercatat di negara yaitu C, sehingga tidak terjadi kekacauan satu lahan diakui oleh lebih dari satu pemilik.

- jika memang telah terjadi kelemahan negara dan terjadi kasus satu lahan dimiliki dua pemilik, maka atas kelemahan ketertiban, negara seharusnya menanggung kerugian atas ketidak teriban pengelolaan kpd pihak2 yg dirugikan.

AlQuran KITAB berisi tulisan yg jika dibaca/dibacakan dg takwa, iman, dan akal dapat memberikan HIKMAH, dan dapat mendatangkan Rahmat, atas hasil mentaati HIKMAH. AlQuran berisi rahmat yang besar dan pelajaran.29:51, KITAB itu terperinci menuntun jalan menuju negeri akhirat, bukan terperinci mengatur lalu lintas, bagaimana mengurus sengketa tanah....Dengan ALQuran itu mendasari hati bagaimana lalu lintas dapat diatur untuk tujuan tertib, persengektaan itu diselesaikan untuk menegakkan keadilan. kedamaian, keselamatan, kelestarian.

Salaam

4 komentar:

  1. Daud Memberikan Suatu keputusan(pernyataan).

    ....Dan Daud menyangka-nyangka, bahwasanya Kami mengujinya. Maka ia minta ampun Tuan/Pemelihara-Nya, dan terharu(tersungkur) ruku dan kembali.

    Maka Kami ampuni baginya demikian itu....

    38:24-25

    Tuanku, tambahkan aku pengetahuan.

    alhamdulillaahi rabb al ‘aalamiin


    Salaam

    BalasHapus
  2. Segala Puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam
    Yang Maha Mengetahui dan Maha Pengampun.

    Mencari jalan dg petunjukNya adalah sebuah proses, Maha Benar hanya milik Allah,

    Mudah2an Allah memberi petunjuk yg lebih benar dari ini 18:24

    Salam :)

    BalasHapus
  3. Segala Puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam


    Proses, balasan yang baik bagi yang bersabar dengan kesungguhannya.

    29:69

    Maha Benar hanya milik Allah


    Salaam :)

    http://www.photographyblogger.net/wp-content/uploads/2010/02/open-road2.jpg

    BalasHapus
  4. Kelak bagi yang bersabar, para malaikat disurga menyambutnya dengan perkataan

    Salaamun 'alaykum bima shabartum 13:24
    Keselamatanmu karena kesabaranmu


    Salaam

    BalasHapus