18 Mei 2014

Yesus menyebutnya bodoh dan lambat hati kepada nabi2 dan orang2 yang menuduhnya bahwa seorang Kristus yang mulia harus tersiksa dan tersalib.

Injil, Mormon, AlQuran, mengabarkan secara tersembunyi bhw Yesus Kristus putra Maria, manusia utusan Tuhan Allah tidak teraniaya dan tidak mati oleh orang2 zalim Yahudi. Ia diselamatkan dg cara Tuhan yg menakjubkan, bukan dengan kehidupan kembali karena ia tidak tersalib,   dan Yesus sebenarnya menulis ajaran kebenaran murni, yang tidak diketahui dimanakah tulisan suci wahyu dari Tuhan Allah yg diturunkan kepada Yesus, dan ditulis sendiri oleh Yesus ?. Yesus bukan seorang yang buta baca dan tulis, ia bisa menulis. Dan tentu Yesus menuliskan perkataan Tuhan yang mengutusnya, sebagai perkataan sangat penting yang ia tinggalkan  bagi keselamatan bumi dan semesta alam, dimasa  kehidupannya dan berguna bagi umat manusia setelah  wafatnya.




 Yesus menulis

Yohanes 8:8
Dan tunduk  lagi (kpd perintah Tuhan),  dan dia  telah menulis untuk bumi (gēn)

http://biblehub.com/text/john/8-8.htm

Dalam terjemah injil yohanes 8:8 sering ditulis menulis diatas tanah, gēn didalam sumber greek 
http://biblehub.com/text/luke/16-17.htm 
 dimaknai sebagai bumi. Kepahaman Yesus dalam mentaati perkataan Tuhan dalam memutuskan perkara   telah dia tuliskan dimuka bumi sbg hukum dari Tuhan sebagai suatu kebenaran yg benar, membenarkan ajaran orang orang yahudi yg telah merusak Taurat yg diturunkan kpd Musa.

Yesus juga mengajarkan dengan membaca wahyu yg diturunkan kepada utusan sebelum Yesus, ruh perintah Tuhan kepada Yesaya juga dari Aku (Tuhan) yg memerintah Yesaya. 

Luke 4
16. Dan dia datang ke Nazaret, di mana ia dibesarkan: dan, seperti kebiasaannya itu, ia pergi ke rumah ibadat pada hari Sabat, dan berdiri untuk membaca. 

17 dan ada disampaikan kepadanya kitab nabi Yesaya. dan ketika ia membuka kitab, ia menemukan halaman  di mana ini ditulis: 

18  "Roh Tuhan adalah pada saya, karena ia telah mengurapi saya untuk memberitakan Injil kepada orang miskin (miskin iman) , ia mengutus saya untuk menyembuhkan hati terpecah belah (kemusrikan), untuk memberitakan pembebasan  tawanan (budak kesesatan), dan memulihkan pandangan untuk orang buta (hati), kemudian membebaskan  mereka yang tertekan" 

19 memberitakan tahun kebaikan dari Tuhan. 

20 Dan dia menutup kitab, dan ia memberikannya lagi kepada hadirin, dan duduk. Dan mata semua mereka yang berada di rumah ibadat memperhatikan dirinya.

21 Dan ia mulai mengatakan kepada mereka, Hari ini  tulisan suci ini terpenuhi di telinga Anda.  

Johanes 12
49 Sebab Aku berkata-kata bukan dari diriku sendiri, tetapi pather (Tuhan Allah) , yang mengutus Aku, ia memberi saya perintah, apa yang harus saya katakan, dan saya sampaikan.


Yesus mengatakan yg dikatakan atas perintah dari pather atau diterjemah sbg  sebutan bapa dlm makna ruh pembimbing  yg mengutusnya. Bukan dari dirinya sendiri. pather (bapa) yg dimaksud Yesus adalah Tuhan, Tuhan semesta alam yg disebut Allah.

50 Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup  kekal, Karena itu saya mengatakan, seperti yang Bapa katakan kepada saya,  kemudian  saya menyampaikannya

Perkataan Yesus tsb adalah perintah dari Tuhan Allah kepada utusan  (rasul) yg juga sama bagi semua rasul. Bahwa mereka hanya menyampaikan perkataan dari Tuhan, bukan dari dirinya sendiri. Didalam perkataan wahyu AlQuran perintah tsb telah dinyatakan dari Tuhan Allah bahwa rasul diperintah untuk mengatakannya, "katakanlah.."

Quran
Q46:9 Katakanlah: "Aku bukanlah sesuatu yang  baru di antara rasul-rasul dan aku tidak mengetahui apa yang akan diperbuat terhadapku dan tidak terhadapmu. Aku tidak lain hanyalah mengikuti apa yang diwahyukan kepadaku dan aku tidak lain hanyalah penyampai peringatan yang nyata".

Q7:3 Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain-Nya (selain Tuhan Allah). Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran

Jika Yesus dan semua rasul tidak berkata menurut kemauan sendiri, dan tidak mengajarkan hal yang baru, tetapi membenarkan atas kerusakan ajaran  murni dr Tuhan tentu Yesus kemudian menuliskannya, sbg catatan penting warisan  yang ditulis dan ditinggalkan bagi umat bumi ? Tapi dimanakah tulisan murni Tuhan kpd Yesus, Musa, Abraham  ?

Kenapa perkataan Tuhan Allah yg diturunkan murni  kpd Abraham, Musa Yesus  tidak tersusun dalam Injil yg sekarang ?, fenomena apakah yg telah terjadi dari generasi Abraham hingga para utusan setelah Abraham ? Dimanakah kitab perkataan murni dari  Tuhan kpd para utusan?
Ketika perkataan murni Tuhan Allah  tidak hadir dalam Injil, bagaimana kita bisa mengetahui bahwa yg dituliskan dalam Injil seluruhnya adalah perkataan wahyu dari Tuhan sebagaimana yg diturunkan kpd  Yesus , Musa, Abraham?

Dimanakah perkataan2 Tuhan Allah yg  murni yg ditulis sendiri oleh Yesus ? Kenapa tulisan tsb menjadi kitab  Yohanes, Mathius, Lukas, Markus ? Siapakah yang menetapkan ia rasul ? Kenapa  Bukan kitab Yesus yg mereka susun ? Kenapa Yohanes, Matius, Lukas, Markus tidak menyampaikan yg  murni dari tulisan Yesus, Musa, Abraham murni   wahyu ruh Tuhan Allah yg diturunkan kpd Yesus ? Bagaimana manusia menjamin bahwa tulisan didalam Injil adalah murni perkataan Allah sebagaimana yg diturunkan kepada Yesus, Abraham, Musa, sebagai  bukan hal yg  baru ? Sementara tulisan Yesus sendiri tidak ada dalam kitab ?. Apakah Yesus sendiri enggan atau lupa menulis perkataan Tuhan ?

Bagaimana Allah selalu memelihara wahyu2 murni dimuka bumi sepanjang kehidupan manusia ?

Maka sebenarnya para utusan dibumi sejak Adam, Nuh, Abraham,  Ishac, Yacub, Daud, Musa, Yesus, adalah manusia  para utusan dibumi yg diturunkan untuk memurnikan kembali wahyu Allah setelah kerusakannya oleh manusia. Setiap wahyu Allah petunjuk lurus bagi  manusia diturunkan, para ahli kitab merubahnya atau mencampur dg tulisannya dirinya sendiri atau persepsinya sendiri dan  menjadikan wahyu murni dari  Allah kpd manusia menjadi bengkok. Sehingga Allah selalu mengulangi kembali untuk memperbaikinya melalui para utusan tsb.

Pertanyaan dari ruh kepada diri  tentang kitab  Injil:
Kenapa injil wahyu perkataan Tuhan Allah yg diperintahkan kpd  Yesus unt disampaikan kpd manusia  tidak ditulis sendiri oleh Yesus dan menjadikan  peninggalannya yg bisa diucapkan kembali  oleh semua umat manusia sepanjang masa ? Apakah Yesus tidak bisa menulis dan membaca ? Apakah Yesus tidak tahu pentingnya tulisan kitab perkataan dari Tuhan  ? Yesus mampu menulis dan membaca, Jika ia telah menulis seluruh wahyu dari Tuhan Allah yg diturunkan kepadanya,  Dimanakah tulisan Yesus tsb didalam kitab injil ? Yesus tentu tidak lupa untuk menulis perkataan Tuhan yang diperintahkan untuk dikatakannya kpd umat manusia. Kenapa kemudian tulisan murid2 Yesus  yang muncul  sbg kitab injil ? Jika Yesus menulisnya siapa yg tidak menyusunnya tulisan Yesus tsb dalam Injil ? Apakah wahyu Murni yg diturunkan kpd Yesus adalah ajaran yang sama  diberitakan Matius, Markus,  Lukas, Johanes ? Sementara tulisan Yesus sendiri tidak  diungkapkan dg murni ? Apakah sebenarnya tujuan ahli kitab ? Dimanakah kitab murni Abraham, Musa, Yesus dalam bahasa asli para utusan itu  ? Kenapa kitab2 itu lenyap cerai berai tdk ditemukan lagi ? Apakah Tuhan tidak mampu membuat kitab wahyu murni terpelihara dibumi ? Dengan cara bagaimana Tuhan menjaga memeliharanya ? 

Yesus sendiri sering mengingatkan tentang membaca kitab

Lukas 6:3
Yesus menjawab mereka, “Belum pernahkah kalian membaca tentang yang dilakukan Daud, ketika ia sendiri lapar dengan  orang-orang yang bersamanya ?"

Maha Besar  Allah  Yang Pengasih dan Penyayang.
RuhNya mengabarkan berita gembira tersembunyi makna yg tdk berselisih dan dari 3 kitab (berita yg masih konsisten sama diantara 3 kitab), Yesus sebenarnya tidak teraniaya dan tersalib oleh orang2 zalim, Ia diselamatkan Tuhan secara tersembunyi melalui  Pilatus (gubernur  Yerusalem) sbg   skenario penyelamatan Yesus yang sempurna dari Tuhan Allah kpd  manusia utusan yang dimuliakan.

Hampir seluruh umat bumi meyakini bahwa Yesus   telah  disiksa  dan mati diatas kayu salib, untuk penebusan  dosa umatnya, dan  kemudian  hidup kembali  dihari ketiga. Tuduhan kepada Tuhan Allah yang membiarkan penyiksaan dan penyalipan, seorang mulia serta diijinkannya perbuatan keji kpd seorang utusan Tuhan Allah adalah perbuatan bodoh, sebagaimana dinyatakan Tuhan  melalui Yesus (John 18:25).

RuhNya mempertanyakan  kpd diri atas kisah tsb:

Benarkah Tuhan membuat skenario kehidupan Yesus seorang utusan yg penuh dg ruh qudus penyampai kebenaran dimuka bumi  mengalami siksaan dan mati terbunuh dikayu salib,  oleh perbuatan orang zalim  ? 

Benarkah  Kemudian hidup kembali dlm daging dan tulang ? Benarkah kemudian pergi kelangit dlm daging dan tulang ? Lalu kemanakah wujud daging dan tulang. Bagaimana cara  daging dan tulang naik  ke langit ?  Daging dan tulang asalnya dari tanah, dan harus makan,  dan sebelum  tua,  adalah bayi, anak dan remaja, maka setelah kematian manusia daging dan tulang kembali ke tanah, sebagai hukum Allah yg tidak berubah.

Benarkah dosa manusia dapat ditebus oleh pengorbanan penyiksaan dan pengorbanan orang lain  (Yesus) ?
Ajaran Kebenaran ruhNya disemua kitab  murni para utusan mengajarkan hal yg tidak berselisih dari satu  Tuhan yaitu Tuhan Allah,  bahwa  siksaan dunia yg dilakukan dari orang zalim hanya akan diijinkan kpd sesama yg zalim sbg azab dunia, para utusan  seluruhnya dalam kitab adalah orang2 yg diamankan dan selamat dari orang zalim dan selamat dari bencana bumi sbg azab kebinasaan unt   pemulihan, Musa selamat dari Firaun, Nuh selamat  dari banjir bumi, Luth dan Abraham  selamat dari hujan batu dua kota sodom dan gomora..., sedikitpun mereka tidak teraniaya dari orang zalim,  hal tsb sbg ketetapan Tuhan yg tidak pernah berubah kpd para utusan dan kpd orang zalim sejak awal penciptaan manusia. Manusia tidak dapat mengorbankan dirinya untuk keselamatan orang lain,  krn  setiap orang bertanggung jawab  atas  perbuatannya sendiri.

Ucapan kebenaran dari Tuhan Allah  yg disampaikan  melalui utusan  yang menjadikan   kepahaman dan amal diri itulah yg menyelamatkan diri bukan karena Yesus tersiksa dan tersalib mengorbankan diri unt pengampunan dosa orang lain.

Amsal 10
21 Ucapan kebenaran memberi  banyak kepahaman hati, tetapi  kebodohan karena  kepahaman hatinya mati (tertutup pahamnya sendiri krn doktrin manusia)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa kebodohan diri manusia karena hatinya menutup diri atas paham2   ruh kebenaran dari Nya krn kepahaman  yg diambil dari manusia telah menutup hatinya unt masuknya paham murni dari Tuhan . Diri manusia memiliki kebebasan bertindak bagi dirinya sendiri unt jalan kehidupan kekal melalui kasih karunia Allah.

2 Nefi 10
23 Oleh karena itu, senangkanlah hatimu, dan ingatlah bahwa kamu bebas untuk bertindak bagi dirimu sendiri—untuk memilih jalan kematian abadi atau jalan kehidupan kekal,

24 Karenanya, saudara-saudara terkasihku, perdamaikanlah dirimu dengan kehendak Allah, dan bukan dengan kehendak iblis dan daging; dan ingatlah, setelah kamu berdamai dengan Allah, bahwa adalah hanya dalam dan melalui kasih karunia Allah maka kamu diselamatkan.

Ayat 2 Nefi 10 tsb menjelaskan bahwa keselamatan hanya akan hadir  dari kasih karunia Allah, dan kasih Allah akan datang ketika diri bertindak/beramal mentaati  kehendak Allah sbg jalan kehidupan kekal.

Bagaimanakah Yesus selamat dari  penyiksaan dan pembunuhan salib kaum Yahudi ? Allah menjelaskannya melalui  3 kitab dari sisi yg tidak berselisih (yg termeterai) yg saling menguatkan.
Adakah yg percaya bahwa Tuhan Allah atas kuasanya melalui  Pilatus sebenarnya  telah  menukar Yesus dg  Yesus yg lain seseorang yg bernama sama Yesus ? Dan Yesus Kristus putra Maria dalam wujud daging dan tulang sebenarnya  tidak teraniaya tersalib, tetapi dibebaskan hidup dalam penyamarannya sebagai  barnabas (barabas), dan kemudian  terjadi negeri negeri yg sangat  makmur dan damai   tidak  pernah ada sepanjang masa  dimuka bumi, karena kehidupan dipimpin penuh atas bimbinganNya dalam masa hidup Yesus Kristus dalam penyamaran yang sempurna terbebas dari kejaran orang2  Yahudi.

Beberapa makna  tersembunyi mengungkapkannya dari 3 kitab. Dari makna  yg tidak berselisih dan saling menguatkan.

Paham yg berselisih dari kitab2  datangnya dari manusia bukan dari Tuhan, paham kitab2 suci yg tidak berselisih datangnya dari Tuhan Allah, ruh qudus. Dia tidak mengajarkan paham yg berbeda2 dan berselisih atas manusia.

3 Nefi 11
29 Karena sesungguhnya, sesungguhnya Aku berfirman kepadamu, dia yang memiliki semangat perselisihan bukanlah dari-Ku, tetapi dari iblis, yang adalah bapa perselisihan, dan dia menghasut hati manusia untuk berselisih dengan amarah, satu sama lain.

30 Lihatlah, ini bukanlah ajaran-Ku, untuk menghasut hati manusia dengan amarah, satu terhadap yang lain; tetapi inilah ajaran-Ku, bahwa hal-hal seperti itu hendaknya diakhiri.

Q2:213 Manusia adalah  satu umat. Maka Allah mengutus para nabi, sebagai pemberi peringatan, dan Allah menurunkan bersama mereka Kitab yang benar, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Tidaklah berselisih tentang Kitab itu,  melainkan orang yang telah didatangkan kepada mereka Kitab, yaitu setelah datang kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, karena dengki antara mereka sendiri. Maka Allah memberi petunjuk orang-orang yang beriman kepada kebenaran tentang hal yang mereka perselisihkann itu dengan kehendak-Nya. Dan Allah selalu memberi petunjuk orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus.

Bacalah dg ketundukan hati yg bersih agar ruh Nya berkenan  membimbing, mengungkap kebenaran catatan kisah masa lalu,  Tuhan Allah memberitahukannya melalui ayat2Nya yg tersembunyi yg tidak berselisih/tdk berbeda paham

Menjelang penyalipan Yesus dalam kitab Injil greek tertulis dua orang dg dua nama sama Iēsoun (Yesus)

Matius 27
17 Oleh karena itu ketika mereka berkumpul, Pilatus berkata kepada mereka, Siapa yang kamu kehendaki saya melepaskan kepadamu? Iēsoun (yesus) dari barabas (barnabas, barabban, putra bapa) atau Iēsoun  (yesus) dari yang disebut  Kristus (yg diberi kuasa) ?

Yesus Kristus atau juga disebut   Iēsou   Christou (Isa yg diberi kuasa),  anak David, anak Abraham, 


Matius 1
1 Kitab risalah Iēsou (yesus) Kristus, anak Daud, anak Abraham.

RuhNya  mempertanyakan kpd setiap diri yg mencari kebenaranNya dariNya :
Apakah  kebetulan Tuhan Allah  menampilkan dua nama   Iēsou  melalui Pilatus gubernur  penguasa Yerusalem  menjelang keputusan  gubernur akan  penyaliban Iēsou atas tuntutan orang2 Yahudi ? Dg pilihan siapakah yg dibebaskan Iēsou atau Iēsou ?. 

Apakah tidak ada maksud Tuhan Allah memberitahu Pilatus melalui mimpi istri Pilatus siapa sebenarnya orang yg dimusuhi imam2 yahudi beserta  pengikut2nya tsb ?

Apakah seorang pemimpin Yerusalem Pilatus tidak mampu bersiasat atas pertolongan Tuhan menyelamatkan Iēsou dg menyerupakan kedua  Iēsou ? dan melemahkan  musuh2 Iēsou tidak dapat membedakan kedua Iēsou. Dan menjadikannya  cara penyelamatan yang  sempurna dari Allah yg tidak terlihat ? Hingga semua manusia dibumi tidak melihatnya hingga akhir jaman? Kecuali mereka yg memohon dan  mencari dari Nya dg kesungguhannya.

Yohanes 19
10 Maka kata Pilatus kepada-Nya: Tidakkah Engkau mau bicara padaku? tahukah  Engkau, bahwa aku berkuasa untuk menyalibkan Engkau, dan berkuasa untuk membebaskan Engkau?

11 Yesus menjawab, Engkau tidak memiliki kekuatan sama sekali terhadap saya, kecuali diberi kepadamu dari atas: karena itu ia yang menyerahkan  aku kepadamu, dosa yang lebih besar.


Yesus menyatakan Tuhan Allah yg akan membebaskan ia dari hukuman penyalipan orang2 yahudi, dan Pilatus tentu akan membebaskan Yesus Kristus atas pertolongan Tuhan Allah. Karena Pilatus beriman kpd perkataan Tuhan yg telah disampaikan melalui Yesus.

Apakah sebenarnya orang2 yahudi mengenal betul wajah yesus kristus ?

Lukas 24
16 tetapi mata mereka melihatnya,  tetapi  mereka tidak mengenalnya ?.

Kisah yg tertulis  dlm kitab ini memberi tanda kpd umat bumi bahwa sebenarnya mereka tidak mengenal wajah  Iēsou, sehingga siapa yang tersalib dan siapa yang selamat tentu mereka sebenarnya juga tidak mengenalnya. Karena Yesus yang telah ada didepannya mereka tidak mengenalnya sedangkan mereka bercerita tentang Yesus, dengan cerita yg tidak mereka pahami bahwa tidak seharusnya seorang Kristus dan seorang yang mulia harus menerima siksaan dan kematiannya dikayu salip. Kejadian kisah   tersebut masih terus terjadi hingga akhir jaman bahwa semua orang memberitakan dan mempercayai  tentang penyiksaan dan kematian  Yesus dan dihari ketiga hidup kembali seperti halnya cerita Kleopas didepan Yesus.

Kenapa Pilatus bersikeras hendak membebaskan Iēsou ? Karena ia tahu Iēsou tidak berdosa. Pilatus menyatakan bahwa  darahnya  (Pilatus)  dari darah Iēsou christou, sbg makna kiasan bhw imannya Yesus dan  Pilatus sama, Pilatus  percaya kpd apa yang di imani dan diucapkan  Yesus sbg Mesias/Kristus ( yg bermakna  diberi kuasa dr  Tuhan Allah sbg utusan), imannya dari ajaran Tuhan Allah  yg disampaikan  melalui Yesus Kristus.

....Guiltless, I am of the blood of this....
.....tanpa dosa, saya dari darah ini....

Tetapi semua pengikut dan para imam   Yahudi  tetap meminta Iēsou yang di salib dan mengatakan, darahnya Iēsou ditanggungkan atas kami dan atas anak2 kami.

"His blood be on us, and on our children".

Siapakah yg mengatakan
"His blood be on us, and on our children". ?

Perkataan tersebut menjadi simbol yg Tuhan tuliskan bahwa benarlah yg diselamatkan bukanlah yg tersalib tetapi yg tersalib adalah yg darahnya atas imam2 Yahudi, ialah Iēsou  pemberontak dan pembunuh yg melawan penguasa  romawi di Yerusalem dg kekerasan. Ialah Iēsou "raja Yahudi"  yg melawan dg cara pemberontakan dan pembunuhan kpd kepemimpinan  romawi di yerusalem, yg oleh Pilatus disebut sbg Iēsou dari barnabban/ barnabas/ barabas ( yg memiliki  makna putra bapa). Sebutan putra bapa yg sebenarnya menurut makna ruh, yg disamarkan sbg wujud  fisik barnabban (barnabas) dan telah dibebaskan itulah yg sebenarnya  mesias Iēsou, dg simbol makna  putra bapa (pengikut pembimbing). Sedangkan raja yahudi itulah simbol raja  pemberontak romawi, yg telah tersalib dan binasa. Kedua orang yg diserupakan dan ditukar untuk menggenapi hukum Tuhan yg benar, bhw yang jahat dihukum, dan yg taat ditinggikan diselamatkan dengan cara Tuhan. 

Tuhan tidak lemah dan tidak membiarkan seorang utusan Tuhan, mati tersalib dan tidak meninggalkan tulisan injilnya.
Yang tertulis adalah simbol2 tersembunyi  yg nyata yg sebenarnya terjadi sbg hukum ketetapan Tuhan. Tuhan Allah menulisnya sbg simbol2 yg penuh hikmah bagi yg melihat. Kebanyakan manusia tidak meyakini ketetapan hukum Tuhan bagi para utusan.

Yg disalib adalah "raja yahudi" pemberontak dan pembunuh, hukum Tuhan tdk pernah berubah, yg tunduk  ditinggikan yg  jahat dibinasakan.

Darah yg disalib adalah  darah  atas imam2 yahudi,  darah yg selamat adalah darah orang2 yg penuh dg bimbingan  ruh qudus, penuh iman kpd Tuhan Allah.
Yang diselamatkan adalah putra bapa (barnabas) bukan raja yahudi. 

Jika manusia tertipu dg kisah masa lalu, Siapakah  yg mengajarkan minum air  tertentu dapat menghapus/membersihkan  dosa ? Apakah kebenaran dan kebaikan  dapt diperoleh dri minum air tsb ?  Hanya dengan mencerna (memakan/minum) ajaran Tuhan  yg disampaikan Yesus dan mengamalkannya sbg amal kebaikan maka manusia menjadi bersih dari dosa.

Pilatus menyembunyikan rahasia tanda diatas salib Iēsou bahwa Iēsou yg tersalib itu adalah

"This Is  Iēsou the King of the Jews"
"Inilah Iēsou Raja orang2 Yahudi"
http://biblehub.com/text/matthew/27-37.htm
http://biblehub.com/lexicon/luke/23-38.htm 


Dan raja orang Yahudi bukanlah Mesias  Iēsou. Pilatus tahu Iēsou  bukanlah raja orang yahudi.

Iēsou crhristou bukanlah raja yahudi, tetapi itu ungkapan  Pilatus sendiri  yg mempertanyakan kpd Yesus, dan perkataan  masyarakat yg mengoloknya. Yesus bukanlah raja orang yahudi,  yg  memusuhi diri yesus kristus.

Perkataan itu sengaja ditulis oleh Pilatus diatas salib sbg tanda kpd dunia bahwa yg tersalib itu bukanlah mesias  Iēsou tetapi raja yahudi


dan ketika imam2 yahudi meminta untuk dirubah menjadi

"I am King of the Jews."
"Akulah raja orang2 Yahudi"

Pilatus menolaknya , tidak mau merubahnya dan meminta seperti apa yg Pilatus minta unt menulisnya.

"What I have written I have written"

Pilatus bersiteguh hendak meletakkan simbol tersembunyi  kepada dunia ketika peristiwa penyalipan krn tekanan kaum yahudi  bahwa orang  yg tersalib sebenarnya bukanlah Mesias Iēsou. Tetapi Iēsou raja Yahudi. Orang2 yahudi tidak memahaminya. Perkataan tsb dijadikan orang2 yahudi sbg olok2 kpd Yesus Kristus.

Kpd Pilatus Yesus mengatakan kerajaannya bukan dari bumi seperti orang2 Yahudi yg memusuhinya. Jika ia raja yahudi tentu orang2 yahudi itu akan meminta membebaskannya. Atau Yesus Kristus  bukan raja bagi orang2 yg melawannya yaitu orang2 Yahudi atau Yesus Mesias bukanlah  raja orang2 yahudi.

John 18
36 Yesus menjawab, Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini: jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, maka  hamba-Ku akan melawan, bahwa saya tidak akan  diserahkan  kepada orang Yahudi: karenanya saat ini kerajaanku bukan ini.

Tuhan tidak menganiaya para utusanNya yg ditinggikan,  Tuhan Allah melindungi para utusan atas kemuliaannya sbg penyampai kebenaran.

Yesus Kristus/Mesias seorang utusan Tuhan Allah tentu tidak berteriak : Allahku kenapa Engkau meninggalkanku ? Teriakan itu tentu hanya pantas dinyatakan oleh seorang yang ditinggalkan Allah, ialah Yesus raja orang2 yahudi, bukan oleh  Yesus Kristus

Matius 27
46 Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring, Eli, Eli, lama sabakhtani? artinya, Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

Yesus menyatakan bahwa dirinya Kristus yg tidak teraniaya untuk  kemuliaanNya.
Yesus mengatakan bahwa mereka sebenarnya tidak tahu wujud Yesus sbg orang asing di yerusalem dan  kejadian penyalipan dirinya menurut Yesus dalam Kitab  adalah pemikiran bodoh (ketidak tahuan) dan lambat hatinya (lambat kepahamannya),  karena dia sendiri selamat dalam daging, tulang  dan bercakap2 berhadapan  dg orang yg tdk tahu bhw ia sedang menceritakan ttg  Yesus yg sdg berada dihadapannya.

Lukas 24
13. Dan, perhatikanlah, dua dari mereka pergi pada hari yang sama  kesebuah desa yang jaraknya  forlong 60 (60x201m=12006 m/12km) dari Yerusalem  ke sebuah kampung bernama Emaus,


14. Dan mereka berbicara bersama-sama dari semua hal ini yang telah terjadi.

15. Dan terjadilah, bahwa, sementara mereka berbicara  bersama-sama dan bediskusi tentang diri Yesus, Yesus sendiri mendekat, dan pergi bersama mereka.

16.  bahkan  mata mereka melihatnya,  tetapi  mereka tidak mengenalnya ?.

17. Kemudian ia (Yesus) menambahkan  pertanyaan kepada mereka: Perkataan yang manakah dari yang kalian perbincangkan itu dijalani (terjadi nyata)?  Dan mereka terdiam dan sedih.

18. Dan salah satu dari mereka, namanya Kleopas, berkata kepadanya: ', Engkau sendiri mengunjungi  Yerusalem , dan engkau tidak mengenal hal-hal yang terjadi beberapa hari ini?

19 Dan ia (Yesus) berkata kepada mereka, hal-hal apa? Dan mereka berkata kepadanya Mengenai Yesus dari Nazaret, yang adalah seorang nabi mulia dalam perbuatan dan perkataan dimata  Allah dan semua orang:

[Perhatikan bahwa yg mereka ceritakan kpd Yesus dibawah ini  bukanlah kisah  dari Yesus sendiri yg sedang berjalan bersama mereka tentang  berita  kematiannya tetapi Kleopas, Kleopas mencoba menjelaskan Yesus kepada Yesus ,  Yesus yg juga telah mengunjungi Yerusalem dianggap  tidak tahu tentang kejadian penyalipannya di Yerusalem]

20 Imam-imam kepala dan pemimpin-pemimpin bangsa kita menyerahkan Dia untuk dihukum mati, dan mereka menyalibkan Dia!

21 Padahal kami mengharap bahwa Dialah yang akan membebaskan Israel! Dan hari ini hari ketiga semenjak hal itu terjadi.

22 Lagi pula, beberapa wanita dari kalangan kami telah membuat kami terkejut. Pagi-pagi sekali mereka ke kuburan,

23 tetapi tidak menemukan jenazah-Nya di sana. Lalu mereka kembali dan berkata bahwa mereka melihat malaikat, dan malaikat-malaikat itu berkata bahwa Yesus hidup.

24 Beberapa orang dari kami lalu pergi ke kuburan dan mendapati bahwa apa yang dikatakan wanita-wanita itu memang demikian, hanya mereka tidak melihat Yesus.”

[Semua yang dikisahkan orang yg tidak tahu yg sebenarnya dijalani Yesus Kristus itu dikatakan oleh Yesus sbg kebodohan  dan lambat hati]

25 Lalu ia (Yesus) berkata kepada mereka, O bodoh, dan lambat hati untuk percaya kepada semua yang dibicarakan  nabi nabi:

25 Then he said unto them, O fools, and slow of heart to believe all that the prophets have spoken:

Perkataan bodoh di Lukas 24:25  tsb,  sepaham maknanya dg bodoh pada Amsal 10:21 diatas. Kebodohan  dan lambat hati tsb disebutkan Yesus karena kepercayaan mereka mengikuti semua yang telah dikisahkan nabi2. Hingga sekarangpun semua orang mengkisahkan tentang Yesus seperti yang dikisahkan Kleopas kpd Yesus. Dan Yesus mengatakan bodoh dan lambat hati atas kisah yg disampaikan Kleopas tsb krn prrcaya mengikuti yg dikisahkan nabi2.

26 tidak Seharusnya Kristus telah menderita hal-hal ini, dan untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?

26. not these things was it necessary for to suffer the Christ and to enter into the glory of him

Dari ayat 26 tersebut Yesus menyampaikan bahwa seorang kristus (yg diberi kuasa dari Tuhan)  dan mulia tidak layak menerima penderitaan semua yg dikisahkan para nabi.
Perkataan Yesus tsb menegaskan bahwa tidak benar bahwa seorang Kristus dan untuk kemuliaannya, Yesus harus  dibuat  menderita dan  mati dikayu salib mengorbankan dirinya untuk menebus dosa orang lain menyelamatkannya, sebagaimana kisah Kleopas dan nabi2.   

27 Dan mulai dari Musa dan semua nabi, Ia menjelaskan kepada mereka dalam seluruh Kitab Suci yang tertulis tentang dirinya.

Yesus menjelaskan apa yang tertulis dalam kitab Musa dan nabi2 tentang dirinya yang sebenarnya dari dirinya sendiri.
Ayat tersebut diatas semua menjelaskan bhw Iēsou (Isa) tidak menderita dan tersalib  unt menjadi Kristus dan   kemuliannya, ia selamat dalam daging nyata, bukan seperti ruh (spirit) yg tidak berupa daging dan tulang, Yesus yang dijumpai setelah berita penyaliban adalah Yesus   sebagaimana manusia daging dan bertulang yg makan dan minum, sbg manusia yg terlahir dari rahim seorang ibu Mariam/Maria. Ia terbebas dan tersamar sebagai Barabas, Didalam Kisah2 Rasul tersamar sbg nama Barnabas atau Yusuf ( Iōsēs )
Nama asli Barnabas, "Yusuf", pada naskah jenis teks Bizantin ditulis Ιὠσης, Iōsēs, 'Joses', suatu variasi Yunani untuk nama "Yosef". Setelah ia menjual hartanya dan menyerahkan uang hasil penjualan kepada para rasul di Yerusalem, ia diberi nama baru "Barnabas". Nama ini nampaknya dari bahasa Aram בר נביא, bar naḇyā, artinya 'putra nabi'.
Bahasa aram adalah bahasa ibunya Yesus. http://id.m.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Aram adalah induk dari bahasa Arab.
--------

Iēsou yang dibebaskan Pilatus adalah tersamar sebagai  Barnabas/Barabas/Yusuf/Yoseph/Yesus (putra bapa/putra nabi), dan diberitakan kebanyakan manusia menganggapnya sbg Yesus yg hidup kembali dari kematian penyalipan sebagai spirit (bukan fisik). Atau sbg sosok lain. Kadang  nama Barnabas  muncul dalam kisah2 rasul setelah berita kematian Yesus, sebagai sosok yang lain, Menyiarkan injil bersama Paulus dengan dominasi berita tulisan dari  Paulus bukan dari Barnabas. Kitab tulisan Barnabas sendiri tidak ada dalam Injil. Dalam kitab dikisahkan perselisihan Barnabas dg Paulus. Barnabas sebenarnya  adalah Yesus Kristus dalam wujud manusia normal yg telah dibebaskan Pilatus, nama Barnabas muncul kembali sebagai sosok tersamar Barabas yg lain dalam kisah2 rasul.

Lukas 24
39 Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: kepadaku ia memegangku dan melihat,  bagi spirit (ruh) tidak ada daging dan tulang, seperti yang kamu lihat aku memilikinya (memiliki daging dan tulang).

40 Dan ketika ia berbicara demikian, Ia menunjukkan  tangan dan kakinya.
Tidak diberitakan ada bekas paku, tangan dan kaki untuk menunjukkan bahwa ia nyata dg tangan, kaki, tulang, daging dan memakan makanan.

41 Dan sementara mereka belum percaya, masih  gembira, dan terheran heran, ia berkata kepada mereka, Apakah kamu  makan apa saja?

42 Dan mereka memberinya sepotong ikan bakar

43 Dan ia (Yesus) mengambilnya, lalu makan di depan mereka.

44 Dan ia berkata kepada mereka, ini adalah perkataan   saya kepadamu, ketika aku berada denganmu (dlm daging dan tulang), yang Aku katakan kepadamu akan tetap berlaku bersamamu, bahwa ini harus dibenarkan  segala sesuatunya,  yang tertulis dalam hukum Musa, dan nabi-nabi, dan Mazmur, tentang saya.

45 Lalu Ia (Yesus) membuka pemahaman  mereka, sehingga mereka memahami tulisan.

46 Dan berkata kepada mereka, demikian ini yang  telah tertulis: Mesias menderita dan bangkit dari  kematian  pada hari ketiga:

Ayat Lukas 24:45-46 tersebut sbg yg sudah tertulis dlm tulisan2 sebelumnya ....bhw   mesias menderita dan bangkit dari kematian pada hari ketiga.

Menurut lukas 24:25-26 Yesus menjelaskan dg perkataannya sendiri tdk demikian, ia tidak teraniaya untuk menjadi seorang Kristus dan mulia. Yesus telah membenarkan kisah dirinya yang sebenarnya, adalah sbgmana yg ia katakan, bukan seperti yg tertulis dan diberitakan nabi2 seperti tersebut di Lukas 24:46. Sehingga ia meminta agar berita kebenaran tentang dirinya hendaklah disampaikan kpd semua bangsa dengan pertobatan dan pengampunan atas ketidak  pahaman diri atas tuduhan penyiksaan dan pembunuhan penyalipan Yesus seorang utusan Tuhan Allah  yg mulia.

47 Dan bahwa pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem (dari kisah penyalipan  yesus di yerusalem, yg telah dibenarkan Yesus)

Tuhan Allah menyerukan manusia segala bangsa  untuk bertobat dan pengampunan dosa atas tuduhan terhadap perbuatan Tuhan  atas pembiaran  penganiayaan,  penyalipan dan  pembunuhan atas manusia  utusan yg mulia  Yesus Kristus di Yerusalem sbg korban atas kejahatan manusia dan  supaya  mengabarkan keselamatan dan kemuliaan Yesus Kristus dg kepahaman  yg benar.

48 Dan kamu adalah saksi dari semuanya ini.
Kamu adalah saksi dari semua keselamatan yesus kristus di dunia dan diakhirat

49 Dan, lihatlah, Aku diutus  menyampaikan perjanjian  Bapaku kepadamu : selanjutnya kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuatan dari tempat tinggi.

50  Dan ia memimpin mereka keluar sejauh ke Betania, dan ia mengangkat tangannya, dan memberkati mereka.

51 Dan terjadilah,  dia memberkati mereka, ia memisahkan (paham kebodohan)  mereka, dan terangkat ke atas (ditinggikan kepahaman dan kemuliaannya dari kebodohannya),
Atas ditinggikan kepahamannya mereka mengabdi dg suka cita terus menerus dan Allah memberkati.

52 Dan mereka mengabdi-Nya, dan kembali ke Yerusalem dengan sukacita yang besar:

53 Dan itu terus-menerus dalam kesucian (kemurnian), dan Allah memberkati. Amin.
Ayat2 tsb memberitakan  kabar   bahwa Yesus tidak mati tersalib, Dia hidup dg daging yg bertulang dan makan ikan bakar. Dia tetap memimpin dg penyamarannya dari orang2 yahudi dan memimpin pengikutnya hingga ditinggikan kepahamannya  dg suka cita dgn  kemurnian secara terus menerus. Seluruh bangsa agar bertobat dan memohon ampunan dan hendaklah selalu terus menerus memurnikan ruh qudus dg benar untuk memimpin seluruh bangsa di bumi.

Didalam catatan kitab Kesaksian lain yaitu kitab Mormon ditahun ke 34, terungkap pertemuan kembali  yesus dg pengikutnya dalam wujud daging, namun sebagaimana dalam injil dan diberitakan nabi2 kebanyakan orang2 pengikut yesus kristus mengira yesus tersalib mati dan bangkit hidup kembali hari ketiga. Seperti yg dikatakan Kleopas dan nabi2.


Setelah berita penyalipan Tentu Yesus tetap dalam penyamarannya dalam hidupnya, untuk menghindarkan dirinya dari pengejaran dan pembunuhan kaum Yahudi. Dan Tuhan tetap melindunginya hingga wafatnya.

Terungkap sebuah tatanan kehidupan luar biasa yg pernah terbangun ada dimuka bumi setelah tahun ke 34 dan hingga th ke 110. Sebuah tatanan yg tidak pernah terjadi dimuka bumi. Siapakah yg membimbing kehidupan yg demikian tsb ? Apakah dlm kehidupannya setelah berita penyalibannya  Yesus hanya diam tdk berbuat mengemban amanat sbg pembimbing hidup? Siapakah pembimbing kehidupan penuh rahmat dibumi ditahun 34 hingga tahun ke  110 sbg tahun angkatan pertama masa kehidupan yg terbimbing secara murni sebuah  kehidupan yg dipimpin oleh ruh qudus  ? Hingga kematian Yesus krn usia  sbg manusia berdaging dan bertulang,  sejak berita penyaliban tdk ada didunia orang yg percaya bahwa Yesus sebenarnya dimuliakan, diselamatkan, sbg  seorang penuh ruh qudus,  terbebas dari pembunuhan penyaliban kaum zalim di Yerusalem, sebagaimana Yesus sendiri menerangkannya kpd Kleopas ...mereka menyiarkan berita Tuhan Allah yang berbeda.

Demikian Tuhan Allah telah  menyelamatkan utusanNya secara menakjubkan dan ajaib kpd orang2 yg tunduk dan taat kpd perintahNya

Siapakah Tuhan yg menyelamatkan  Yesus ? Dialah Tuhan Allah yg menyuruh dan  memerintahkan Yesus untuk menyampaikan berita ajaran  kebenaran sepertihalnya  telah diperintahkan dan diajarkan kpd para utusan dijaman  Nuh, Abraham, Isaac, Yacub, , Daud, Musa...semua perintahNya adalah sama dan  tidak berselisih sejak penciptaan manusia hingga hari akhir.

Yohanes 12
44  Yesus (Isa/) menangis dan berkata, siapa yang percaya pada saya, jangan percaya pada saya, tetapi pada Dia yang mengutus Aku.

45 Dan dia barangsiapa melihat  Aku, ia melihat Dia yang mengutus Aku.

46 Aku datang cahaya ke dalam dunia, supaya setiap orang yang percaya pada saya tidak tertinggal di dalam kegelapan.

47 Dan jika ada orang yang mendengar perkataan dari saya, dan tidak mentaati, saya tidak menghakimi, tidak.  Karena Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkan dunia.

48 Yang menolak saya, dan tidak menerima kata-kata saya, telah menghakimi  perkataan yang  telah Kukatakan, yang akan menghakiminya di hari akhir.

49 Sebab Aku berkata-kata bukan dari diriku sendiri, tetapi pather , yang mengutus Aku, ia memberi saya perintah, apa yang harus saya katakan, dan saya mengatakannya.

[Yesus mengatakan yg dikatakan atas perintah dari pather atau diterjemah sbg  sebutan bapa dlm makna ruh pembimbing  yg mengutusnya. Bukan dari dirinya sendiri. pather (bapa) yg dimaksud Yesus adalah Tuhan pembimbingnya, Tuhan semesta alam yg disebut Allah].

50 Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup  kekal, Karena itu saya mengatakan, seperti yang Bapa katakan kepada saya,  maka saya mengatakannya.

Yesaya 38
4  Lalu datanglah firman Tuhan kepada Yesaya, mengatakan,

5 Pergilah, dan katakanlah kepada Hizkia: Beginilah firman Tuhan, Allah dari Daud, Aku telah mendengar doamu dan telah Kulihat air matamu; sesungguhnya, saya akan menambahkan kepada hidupmu lima belas tahun.

[Ayat2 dalam kitab  menjelaskan bahwa semua para nabi dan rasul terdahulu diutus dan mendapat  perintah wahyu dari Tuhan sebagaimana Tuhan juga mengutus Yesus, dan menyebut  Tuhannya adalah Tuhan  Allah bukan Tuhan Yesus, Tuhan  yang  membimbing perkataan Yesus, yg memerintah perkataan Yesus]
Dia adalah Tuhan Pencipta langit dan bumi beserta isinya  adalah Allah dlm hebrew disebut eloh atau  ’ĕ-lō-hîm

Genesis 1:1
1 Pada awalnya  Allah (’ĕ-lō-hîm) menciptakan  langit dan bumi

Keluaran 3
6 kemudian Dia berkata, Akulah Allah   ( ’ĕ-lō-hê) bapamu (’ā-ḇî-ḵā, abimu, abamu), Allah-nya Abraham, Allah-nya Ishak, dan Allah-nya Yakub. Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut melihat Allah.

15 Dan Tuhan berkata lagi  kepada Musa,  Beginilah engkau harus berkata kepada orang Israel, Tuhan (Yahweh), Allah (’ĕ-lō-hê) bapa kalian ( ’ă-ḇō-ṯê-ḵem) , Allah-nya Abraham, Allah-nya Ishak, dan Allah-nya Yakub, telah mengutus aku kepadamu  nama untuk selama-lamanya, dan ini adalah peringatan saya kepada semua generasi.

Keluaran 34
14 Jangan menyembah (mengabdi) Tuhan lain selain Tuhan Allah   , tdk ada  sekutu apapun dan seorangpun.
[Tuhan bagi  para utusan dan Tuhan bagi semua umat manusia adalah Tuhan Allah, Tuhan yg hanya satu untuk disebut, nama yg Tuhan tetapkan unt selama2nya, dan menjadi peringatan. Nama itu tidak berubah unt selamanya. Dan tidak ada sekutu apapun dan tidak ada sekutu  seorangpun bagi Tuhan Allah]

Markus 12
35 Dan Yesus menjawab, dengan murni/suci (hierō), Bagaimana guru Taurat mengatakan bahwa Kristus adalah Anak Daud?

Dalam ayat tsb hierō bermakna suci bukan temple  http://en.m.wikipedia.org/wiki/Egyptian_hieroglyphs , suci/murni bermakna bhw yg dikatakan Yesus murni dari Allah, tuhannya Yesus, Abraham, Musa, tuhan semesta alam.

[Sehingga Yesus dalam menyampaikan ajaran Tuhan selalu menyampaikannya dg murni dari perkataan Tuhan bukan dari diri nafsu manusianya, atau terkaan.  Dan semua perkataan Tuhan adalah untuk menumbuhkan kepahaman  ruhani, Yesus mengajari manusia   dimana saja, dengan berbaur seperti mereka  agar Dia bisa mendekat dg penuh kasih]

36  Daud sendiri berkata dari  Roh Kudus Tuhan berkata kepada Tuhanku: bersemayamlah dalam kebenaranku, sampai kubuat musuh-musuhmu menjadi berlutut kepadamu.

Ayat tersebut menyatakan bahwa perkataan dan tindakan Daud adalah atas bimbingan ruh qudus dari Tuhan yg ia sebut sebagai Tuhanku. Daud memohon kpd Tuhannya agar kebenaran Tuhan bersemayam dalam dirinya hingga tindakan perbuatannya dapat memahamkan orang orang yang tidak menahaminya dan menjadikannya taat kpd hukum Tuhan.

37 Dirinya sendiri Daud berkata atas ruh suci menyebut  Tuhan dengan  Tuhanku, dan dari mana dia (Yesus) kemudian anakNya (anak Tuhan) ? Dan orang-orang biasa mendengarnya dengan senang hati.

[Daud juga memanggil Tuhan dengan Tuhannya, Daud juga menyatakan atas perintah ruh qudus dari perintah Tuhan, Jika Daud bertuhan dg menyebutnya Tuhanku, bagaimana Yesus yg sering  disebut anak Daud atau sbg  keturunan Daud   adalah anak Tuhan ? Tuhan tidak beranak dan beristri, ayat tersebut menjelaskan bahwa Yesus bukanlah anak Tuhan, Daud dan Yesus sama2 sebagai manusia satu keturunan dan berkata2 atas bimbingan Tuhan yang sama ialah Tuhan Allah, tetapi banyak yg mengajarkan ajaran yang berbeda dari perkataan Tuhan, dan Yesus atas perintah Tuhannya mengingatkan agar manusia waspada kepada para pengajar yg berjubah (berpenampilan mengagumkan seperti orang suci)  yang mengajarkan keselamatan (agama)]

38  Dan dalam pengajarannya  ia berkata, waspadalah terhadap penulis (ahli kitab), yang suka berjubah,   berjalan jalan  dan mengucapkan keselamatan  di tempat-tempat ibadah,

Didalam 2 Nefi 27 tersebut ciri kitab tersembunyi diantara orang terpelajar  jaman akhir yg dipahami sbg wahyu murni  AlQuran yg tertulis dlm bahasa Arab (berinduk dr bhs Aram) . Beberapa ayatNya  menyatakan hal yg sama dinyatakan Yesus :

Quran
Q3:64 Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, marilah  kepada suatu kalimat yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita abdi kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan selain Allah". Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: "Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri

Q3:65 Hai Ahli Kitab, mengapa kamu bantah membantah tentang hal Ibrahim, padahal Taurat dan Injil tidak diturunkan melainkan sesudah Ibrahim, lalu  kenapa kamu tidak menggunakan akalmu?

Q3:66 Beginilah kamu, kamu ini  bantah membantah tentang ilmu ini (Allah), maka kenapa kamu bantah membantah  tentang bukan ilmu ini ? Allah mengetahui yang  tidak kamu ketahui.

Q3:67 Ibrahim bukan seorang (beragana) Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yang lurus lagi berserah diri  dan sekali-kali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musyrik.

Q3:68 Sesungguhnya orang yang paling dekat kepada Ibrahim ialah orang-orang yang mengikutinya dan pemberita  ini , beserta orang-orang yang beriman, dan Allah adalah Pelindung semua orang-orang yang beriman.

Q3:69 Segolongan dari Ahli Kitab ingin menyesatkan kamu, padahal mereka  tidak menyesatkan melainkan dirinya sendiri, dan mereka tidak menyadarinya.

Q3:70 Hai Ahli Kitab, mengapa kamu mengingkari ayat-ayat Allah, padahal kamu mengetahui

Q3:71 Hai Ahli Kitab, mengapa kamu mencampur adukkan yang haq (termeterai) dengan yang bathil (tdk termeterai) , dan menyembunyikan kebenaran, padahal kamu mengetahuinya?

Q3:78 Sesungguhnya diantara mereka ada segolongan yang memutar-mutar lidahnya membaca Al Kitab, supaya kamu menyangka yang dibacanya itu sebagian dari Al Kitab, padahal ia bukan dari Al Kitab (murni perkataan Tuhan Allah) dan mereka mengatakan: "Ia  dari sisi Allah", padahal ia bukan dari sisi Allah. Mereka berkata dusta terhadap Allah sedang mereka mengetahui.

Q3:79 Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al Kitab, hikmah dan kenabian, lalu dia berkata kepada manusia: "Hendaklah kamu menjadi pengabdi pengabdiku bukan pengabdi Allah". Akan tetapi : "Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani (pengemban amanat dari Tuhan Allah), karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.

Q13:16 Katakanlah: "Siapakah Tuhan langit dan bumi?" Jawabnya: "Allah". Katakanlah: "Maka patutkah kamu mengambil pelindung-pelindungmu dari selain Allah, padahal mereka tidak menguasai kemanfaatan dan tidak kemudharatan bagi diri mereka sendiri?". Katakanlah: "Adakah sama orang buta dan yang dapat melihat, atau samakah gelap gulita dan terang benderang; apakah mereka menjadikan beberapa sekutu bagi Allah yang dapat menciptakan seperti ciptaan-Nya sehingga kedua ciptaan itu serupa menurut pandangan mereka?" Katakanlah: "Allah adalah Pencipta segala sesuatu dan Dialah Tuhan Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa".

Q20:14 Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan selain Aku, maka abdilah Aku dan dirikanlah  kepahaman peringatanKu.

Q2:21 Hai manusia, abdilah  Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa,

Q2:22 Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air  dari langit, lalu Dia menghasilkan  segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.

Q4:171 Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam aturan Tuhanmu (agamamu), dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, Isa (Yesus) putera Maryam , adalah utusan Allah dan  perkataannya yang disampaikannya kepada Maryam, dan  ruh  adalah  dari-Dia (Allah).  Maka berimanlah kamu kepada Allah dan utusan (ruh)Nya dan janganlah kamu mengatakan:  "tiga" (trinity), berhentilah lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci/bersih Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah menjadi Pemelihara.

Q2:253 Rasul-rasul itu Kami karuniai  sebagian mereka atas sebagian yang lain yang menyampaikan kalimat Allah. Dan Dia tinggikan sebagiannya dalam tingkatan. Dan Kami berikan kepada Isa putera Maryam  kejelasan yang nyata serta Kami perkuat dia dengan Ruh Qudus. Dan jika Allah berkehendak mereka tidaklah saling berbeda-beda dari yang datang setelah  mereka (para rasul sebelum Yesus)  dan yang datang  setelah yang nyata (disampaikan Isa/Yesus), tetapi mereka berbeda antara mereka  yang beriman dan dengan mereka  yang tidak beriman (kafir). Dan jika Allah berkehendak tidaklah mereka berbeda-beda, dan  Allah berbuat apa yang Dia kehendaki.

Ayat tersebut menjelaskan bahwa semua yang diturunkan dari Tuhan Allah kepada para utusan tidak berbeda-beda, tetapi yang membuat berbeda-beda karena perbedaan dari yang  beriman dan yang tidak beriman. Allah berkehendak kepada siapa yang beeiman mentaati perkataan Tuhan Allah.

Q5:110 ketika Allah mengatakan: "Hai Isa putra Maryam, ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu di waktu Aku menguatkan kamu dengan ruh qudus. Kamu dapat berbicara dengan manusia di waktu masih  anak (dlm asuhan) dan sesudah dewasa; dan  di waktu Aku mengajar kamu menulis, hikmah, Taurat dan Injil, dan  diwaktu kamu membentuk dari tanah  yang berupa burung dengan ijin-Ku, kemudian kamu meniup kepadanya, lalu bentuk itu menjadi burung  dengan seizin-Ku. Dan  di waktu kamu menyembuhkan orang yang buta (hati) sejak dalam kandungan ibu dan orang yang berpenyakit lepra (hati) dengan seizin-Ku, dan  di waktu kamu mengeluarkan orang mati (hati)  dengan seizin-Ku, dan  di waktu Aku menghalangi Bani Israil (dari penyiksaan dan pembunuhan)  di kala kamu mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir diantara mereka berkata: "Ini tidak lain melainkan sihir yang nyata".

Q4:157 dan karena ucapan mereka: "Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah", padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa.

Q4:158 Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah meninggikan Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Seseorang yg ditinggikan kpd Allah  bukanlah seseorang yg  disiksa dan dibunuh  oleh orang2 zalim  tetapi orang2 yg diselamatkan didunia dan diakhirat sbg hukum Allah yg tdk pernah Dia rubah.

Ahli kitab  percaya hanya ketika Yesus masih hidup. Setelah kejadian penyalipan ahli kitab tidak percaya bahwa sebenarnya ia tidak tersalib dan selamat.

Q4:159 dan bukanlah Ahli Kitab,    kecuali percaya  kepadaNya sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat  Ia (Isa) menjadi saksi terhadap mereka.

Q3:60 itulah yang benar, yang datang dari Tuhanmu, karena itu janganlah kamu termasuk orang-orang yang ragu-ragu.

Q3:61 Siapa yang membantahmu tentang kisah Isa sesudah datang ilmu, maka katakanlah: "Marilah kita memanggil anak-anak kami dan anak-anak kamu, wanita-wanita kami dan wanita-wanita kamu, diri kami dan diri kamu; kemudian marilah kita memohon  kepada Allah dan kita minta supaya laknat  Allah ditimpakan kepada orang-orang yang berbohong.

Q5:116 Dan  ketika Allah berfirman: "Hai Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: "Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?". Isa menjawab: "Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakan maka tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib-ghaib".

Q5:117 Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku yaitu: "Abdilah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu", dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu.

Ketiga kitab menguatkan makna tersembunyi penyelamatan Isa (Iēsou, yesus, barabas, barnabas, putra bapa), yg tidak berselisih dan tidak berbeda paham, saling menguatkan membentuk satu bangun paham keyakinan  dari satu Tuhan ialah bangun paham Tuhan Allah (bayt Allah), tentang kisah Isa dan ajaran dari Tuhan.  Tuhan memperingatkan agar setelah datang ilmu kepahaman ttg kisah Isa hendaklah keluarga dan seluruh bangsa  meninggalkan kepahaman  dari ahli kitab (orang2 yg menulis kitab dg pahamnya sendiri yg membuat paham diantara kitab berbeda2, jika kitab Musa, kitab Yesus, kitab Abraham yg semuanya murni sbgmana yg mereka tuliskan, tentu tdk ada perbedaan krn semua perkataannya dari satu ruh qudus  Tuhan Allah,   Allah melaknat orang2 yg membuat kebohongan tentang  Allah.

Q24:11 Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kamu juga. Janganlah kamu kira bahwa berita bohong itu buruk bagi kamu bahkan ia adalah baik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya. Dan siapa di antara mereka yang mengambil bahagian yang terbesar dalam penyiaran berita bohong itu baginya azab yang besar.

Q24:12 Mengapa di waktu kamu mendengar berita bohong itu orang-orang laki dan perempuan beriman tidak bersangka baik terhadap diri mereka sendiri, dan (mengapa tidak) berkata: "Ini adalah suatu berita bohong yang nyata".

Q24:13 Mengapa mereka  tidak mendatangkan empat orang saksi atas berita bohong itu? Olah karena mereka tidak mendatangkan saksi-saksi maka mereka itulah pada sisi Allah orang-orang yang dusta.
[Menghadirkan 4 saksi adalah 4 saksi hidup  atas kebenaran kejadian berita bohong masa lalu , yg tentu tdk mungkin  lagi dihadirkan, memberi makna berita bohong tsb tidak dapat lagi dinyatakan  sebagai kebenaran, karena saksi kebenaran  yg sebenarnya adalah 3 saksi yaitu aku (ruh pembimbing kebenaran melalui hati), kamu (nafsu diri yg dibimbing)  dan Dia (Tuhan Allah yg memerintah ruh murni/suci melalui wahyu murni, bukan menurut kisah manusia), Q6:19, 2 Nefi 27:12, ruh dan nafsu diri adalah pasangan tak terlihat  yg ada dalam tubuh daging setiap diri  manusia yg bisa saling berlawanan, ketika ruh menyuruh meninggalkan kejahatan, nafsu diri bisa melawannya dan tetap berbuat kejahatan]

Q24:14 Sekiranya tidak ada kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu semua di dunia dan di akhirat, niscaya kamu ditimpa azab yang besar, karena pembicaraan kamu tentang berita bohong itu.

Q24:15 di waktu kamu menerima berita bohong itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit juga, dan kamu menganggapnya suatu yang ringan saja. Padahal dia pada sisi Allah adalah besar.

Q24:16 Dan mengapa kamu tidak berkata, diwaktu mendengar berita bohong itu: "Sekali-kali tidaklah pantas bagi kita memperkatakan ini, Maha Suci Engkau, ini adalah dusta yang besar".

Q24:17 Allah memperingatkan kamu agar (jangan) kembali memperbuat yang seperti itu selama-lamanya, jika kamu orang-orang yang beriman.

Q24:18 dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Q24:19 Sesungguhnya orang-orang yang ingin agar  perbuatan yang tidak bermoral (menipu berita tentang Allah) itu tersiar di kalangan orang-orang yang beriman, bagi mereka azab yang pedih di dunia dan di akhirat. Dan Allah mengetahui, sedang, kamu tidak mengetahui.

Q24:20 Dan sekiranya tidaklah karena kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu semua, dan Allah Maha Penyantun dan Maha Penyayang,

Q24:21 Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan. Barangsiapa yang mengikuti langkah-langkah syaitan, maka sesungguhnya syaitan itu menyuruh mengerjakan perbuatan tidak bermoral  (menerka2 perkataan Allah) dan yang melawan (wahyu dari Allah). Sekiranya tidaklah karena kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu sekalian, niscaya tidak seorangpun dari kamu bersih  selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

1 Timotius 4
1. Tetapi Ruh dengan jelas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian ada orang yang akan mendatangkan ajaran, memberi pelajaran ruh-ruh palsu dan mengajarkan ajaran dari setan-setan;
Ruh2 kepahaman palsu akan membekukan hati kpd paham yg palsu,  menutup diri dari masuknya paham murni.

2.  Dalam  penerkaan (wahyu Allah),  berbicara bohong; membekukan hati dari suara hatinya sendiri;

3.  Pelarangan menikah, dan  menjauhkan diri (mengharamkan) dari makanan, yang Allah telah ciptakan untuk diterima dengan ucapan syukur dari mereka yang percaya dan tahu yang sebenarnya.

4. Untuk setiap ciptaan Tuhan adalah baik, dan tidak ada yang haram (larangan dimakan), dengan bersyukur atas yang  diterima:

5. Untuk itu dikuduskan (disucikan)  oleh firman Allah dan doa.
Karunia Keselamatan  karena keteguhan iman   memurnikan paham kpd Tuhan  Allah  pembimbing amal kebaikan diri.

Q7:33 Katakanlah: "Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang tidak bermoral (menerka/melawan perkataan Allah), baik yang nampak ataupun yang tersembunyi, dan perbuatan melanggar (ketetapan Tuhan Allah), dan memperbandingkan dengan yang bukan  hak (bukan dari Tuhan Allah), mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan . kewenangan  dan mengada-adakan perkataan  Allah yang tidak kamu ketahui".

Maha benar hanya dari Tuhan Allah...yg tetap menjaga wahyu murni sepanjang kehidupan bumi dalam kitab jaman akhir,  tersembunyi diantara orang2  terpelajar dan  diungkap kepada yang bodoh menurut  caraNya.
Salom, salam, selamat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar