22 Jul 2012

Peringatan Allah agar umat manusia MEMAHAMI ALQURAN, Allah benci kepada manusia yang TIDAK MEMAHAMI-NYA


 36:17 Dan kewajiban kami tidak lain hanyalah menyampaikan  dengan jelas".

ALQURAN adalah penerangan bagi manusia, petunjuk, pelajaran bagi orang2 bertakwa

3:138 ini (AlQuran) PENERANGAN bagi manusia dan PETUNJUK dan PELAJARAN bagi orang-orang yang BERTAKWA.

Allah  memperingatkan agar umat memahami ayat2 Allah (AlQuran) sebagai penerangan, petunjuk dan  pelajaran

2:242 demikianlah  Allah MENERANGKAN   kepadamu ayat-ayatNya supaya kamu MEMAHAMI

8:22 sesungguhnya SEBURUK-BURUK  BINATANG disisi Allah (adalah) orang orang TULI BISU  yang tidak MEMAHAMI

2:171 Dan perumpamaan orang-orang kafir adalah seperti penggembala yang memanggil binatang yang tidak MENDENGAR selain panggilan dan teriakan saja. Mereka TULI, BISU dan BUTA, maka mereka tidak MEMAHAMI

67:10 Dan mereka berkata: "Sekiranya kami MENDENGARKAN atau MEMAHAMI niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala".

10:100 Dan tidak satu jiwapun  akan beriman kecuali dengan izin Allah; dan Allah menimpakan KEBENCIAN  kepada orang-orang yang TIDAK MEMAHAMI.

46:26 Dan sesungguhnya Kami telah meneguhkan kedudukan mereka dalam hal-hal yang Kami belum pernah meneguhkan kedudukanmu dalam hal itu dan Kami telah memberikan kepada mereka PENDENGARAN, PENGLIHATAN dan RASA; tetapi PENDENGARAN, PENGLIHATAN dan RASA mereka itu tidak berguna sedikit juapun bagi mereka, karena mereka selalu MENGINGKARI AYAT AYAT  ALLAH dan mereka telah diliputi oleh siksa yang dahulu selalu mereka memperolok-olokkannya.

Ayat2 diatas menegaskan adanya  perintah Allah,  hendaklah manusia memahami AlQuran sbg penerangan, petunjuk dan pelajaran.

Manusia dapat memahami Ayat2 Allah dengan Qolbu (hati)

7:179 Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk neraka kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai QOLBU/HATI (quluubun), tetapi tidak dipergunakannya untuk MEMAHAMI (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai MATA (tetapi) tidak dipergunakannya untuk MELIHAT (ayat2 Allah), dan mereka mempunyai TELINGA (tetapi) tidak dipergunakannya untuk MENDENGAR (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai BINATANG TERNAK, bahkan mereka LEBIH SESAT  lagi. Mereka itulah orang-orang yang LALAI

22:46 maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai HATI/QOLBU (quluubun) yang dengan itu mereka dapat MEMAHAMI (BERPIKIR/PANDAI/INGAT) atau mempunyai TELINGA yang dengan itu mereka dapat MENDENGAR? Karena sesungguhnya bukanlah MATA itu yang BUTA, tetapi yang buta, ialah HATI/QOLBU(quluubu) yang di DALAM DADA (al shuduuri).

Ketika mereka TIDAK MEMAHAMI AlQuran jika menyebut Tuhan dari ALQURAN SAJA, mereka berpaling dan benci.

17:46 dan Kami membuat  diatas HATI/QOLBU mereka PENUTUP agar mereka TIDAK MEMAHAMINYA dan  didalam telinganya TULI. Dan apabila kamu menyebut TUHANMU dalam ALQURAN SAJA (al qurani wahdahu), NISCAYA mereka BERPALING   dengan BENCI

Ketika mereka TIDAK MEMAHAMI AlQuran mereka mengatakan kafir apabila ALLAH SAJA disebut, dan mengatakan BERIMAN  jika ALLAH DISEKUTUKAN.

40:12 Yang demikian itu adalah karena kamu KAFIR apabila ALLAH SAJA (allahu wahdahu). Dan kamu BERIMAN apabila ALLAH  DIPERSEKUTUKAN. Maka PUTUSAN  adalah pada ALLAH Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Dari ayat tsb dipahami pusat pemahaman  manusia ada di Qolbu yg ada di dada yg memiliki kemampuan memahami:  melihat, mendengar dan merasa. Dan bagi orang2 yg diatas hati mereka ada penutup,mereka tidak memahami, dan mereka yang tidak memahami  jika disebut Tuhan dalam ALQURAN SAJA mereka berpaling dengan benci, atau mereka mengatakan kafir kepada yg menyebut Allah saja, dan  mereka  beriman  apabila Allah disekutukan.

41:20  Sehingga apabila mereka sampai ke NERAKA, PENDENGARAN, PENGLIHATAN dan KULIT mereka menjadi SAKSI terhadap mereka tentang apa yang telah mereka kerjakan.

39:41 Sesungguhnya Kami menurunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) untuk MANUSIA dengan membawa KEBENARAN; siapa yang mendapat PETUNJUK maka (petunjuk itu) untuk DIRINYA SENDIRI, dan siapa yang SESAT maka sesungguhnya dia semata-mata SESAT BUAT  DIRINYA SENDIRI , dan kamu sekali-kali BUKANKAH  orang yang BERTANGGUNG JAWAB  terhadap mereka.

23:78 Dan Dialah yang telah menciptakan bagi kamu sekalian, PENDENGARAN, PENGLIHATAN dan RASA. Amat sedikitlah kamu bersyukur

Semoga kita termasuk orang2 yg bersyukur, yang menggunakan pendengaran, penglihatan dan rasa,  berusaha untuk memahami ayat2 Allah,   sebagai penerang, petunjuk, pelajaran, dan tidak termasuk orang2 yg benci dan berpaling jika hanya AlQuran  saja atau Allah saja  yg disebut,  tidak  mengingkari ayat2 Allah. Karena masing2 jiwa kelak pendengaran, penglihatan dan kulit akan menjadi saksi.

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.


Salaam
http://penerang.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar